957 Calhaj Asal Kudus Siap Diberangkatkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

957 Calhaj Asal Kudus Siap Diberangkatkan

KUDUS, RAJA – Sebanyak 957 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Kudus siap diberangkatkan tahun ini. Jumlah definitif ini diungkapkan pihak Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kudus.

Para calhaj ini telah menjalankan sejumlah rangkaian proses, seperti pemeriksaan kesehatan meski ada tahapan satu lagi sampai dengan kewajiban melunasi BPIH yang sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal.

Kepala Kemenag Kudus, H Hambali melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H Ahmad Sururi menjelaskan, dari hasil monitoring kegiatan haji yang sudah diikuti calhaj selama satu bulan lebih ini menunjukkan grafik yang bagus. “Artinya dari jumlah tersebut mereka layak dinyatakan berangkat ke tanah suci dan dipastikan tidak ada kendala,” katanya.

Namun demikian calhaj selama menunggu jadwal keberangkatan diminta untuk tetap menjaga kesehatan dan stamina.

“Sebab nantinya setelah sampai di asrama haji kesehatan calhaj akan diperiksa kembali sebagai tahapan final sampai menuju embarkasi, dan kami pastikan bisa berangkat seluruhnya tidak ada tertunda,” jelasnya.

Namun demikian meskipun definitif jumlahnya dimungkinkan bisa terjadi perubahan. Utamanya dikarenakan oleh kondisi yang tidak bisa dihindari dan sifatnya mendadak. “Misalnya saja sakit atau kemudian meninggal dunia sebelum berangkat, tentunya akan mengurangi jumlah calhaj,” jelasnya.

Pihaknya juga memberikan rincian data jumlah calhaj tahun ini yang akan berangkat. Diantaranya jumlah calhaj yang sudah melunasi BPIH (noncadangan) 922 orang, jumlah TPHD/TKHD enam orang, jumlah mutasi masuk antar kota/kabupaten 30 orang, sedangkan jumlah mutasi masuk antar provinsi tiga orang.

“Sedangkan untuk mutasi keluar kabupaten ada dua orang dan keluar antar embarkasi ada dua orang,” tandasnya. (*)

loading...
Click to comment
To Top