Anung Belum Serahkan Surat Pengunduran Diri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Anung Belum Serahkan Surat Pengunduran Diri

SOLO, RAJA – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas P3A dan KB) Pemkot Surakarta Anung Indro Susanto belum menyerahkan surat pengunduran diri, terkait dengan akan maju dalam calon Wali Kota Surakarta untuk Pilkada mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Surakarta, Hari Prihatno di Solo, Senin mengatakan hingga kini Anung belum menyerahkan surat pengunduran diri. “Ya padahal sesuai rencana Anung siap menyerahkan surat pengunduran diri pada pekan lalu. Surat pengunduran diri sebagai pegawai negeri sipil (PNS) untuk maju dirinya dalam bursa pemilihan kepala daerah (pilkada),” katanya.

Ia mengatakan, dari hasil konsultasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum), bahwa surat pengunduran diri dilampirkan pada saat penetapan calon. Ini sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu sesuai keputusan MK, Hari menerangkan calon diberi batas waktu selama 60 hari setelah surat penetapan calon untuk melengkapi berkas. Termasuk berkas surat keputusan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) ihwal pengunduran diri sebagai PNS.

Hari mengatakan kini tinggal menunggu keputusan Anung maju atau tidak dalam bursa Pilkada. “Begitu pak Anung daftar ke KPU, kami segera proses (pengunduran diri) dan tentu surat sudah diajukan ke BKD”.

Ia mengatakan belum akan menjatuhkan sanksi apa pun untuk Anung terkait dugaan keterlibatannya dalam kegiatan politik praktis. Apalagi, Hari menambahkan sesuai laporan dari Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Anung tak lagi ikut aktif dalam kegiatan politik.

Hari menyarankan kepada Anung segera mengajukan pengunduran diri. Mengingat proses pengajuan pengunduran diri membutuhkan proses karena sampai ke BKN. Selain itu, pengajuan pengunduran diri akan dihitung per tanggal satu. “Kalau tidak segera diajukan SK BKN bisa keluar per 1 September,” katanya. (In)

loading...
Click to comment
To Top