Dandim Temanggung: Lebaran Untuk Mempererat Tali Persaudaraan dan Persatuan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dandim Temanggung: Lebaran Untuk Mempererat Tali Persaudaraan dan Persatuan

TEMANGGUNG – Dandim 0706 Temanggung, Letkol Kav Zubaedi mengajak seluruh anggota TNI di Kodim 0706 Temanggung dan masyarakat untuk memanfaatkan momentum lebaran untuk lebih memperat tali persaudaraan dan persatuan.

Hal tersebut disampaikan Dandim Temanggung saat acara hal bihalal anggota Kodim 0706 Temanggung di Gedung Sarwo Guna Rabu (22/7).
“Sebagai individu manusia kita harus mampu membina hubungan vertikal kepada Allah dan hubungan horizontal kepada sesama manusia. Setelah berpuasa selama selama sebulan mendekatkan kepada Tuhan, kita sempurnakan dengan bermaafan di hari yang fitri ini,” katanya.
Dandim menambahkan tradisi lebaran dengan saling memaafkan saat ini bukan hanya menjadi milik kaum muslim namun juga nonmuslim. Hal tersebut bisa menambahnya kokohnya persatuan dan kesatuan di negeri ini.
“Silaturrahim dan halal bihalal adalah untuk saling maaf-memaafkan antara anak dan orangtua, antara suami dan istri, antara teman sepermainan, antara tetangga, antara atasan dan bawahan, sehingga terjadilah hubungan yang harmonis dan asosiatif di antara mereka,” katanya.
Bila sudah terjadi hubungan yang harmonis dan rukun, tentu mampu menangkal konflik-konflik yang terjadi di bangsa ini. Kepentingan pribadi dan golongan harus dinomorduakan agar terjadi hubungan yang harmonis, lanjut Dandim.
“Kasus Tolikora yang terjadi di Papua misalnya, bisa dicegah apabila kita saling menjaga kepentingan bersama. Intinya, di hari yang fitri ini kita harus bisa saling memaafkan, menjaga hubungan lebih harmonis agar tercipta persatuan dan kesatuan di negara ini,” tandasnya. (din)

loading...
Click to comment
To Top