Jangan Sampai Rusuh Tolakara adalah Jebakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jangan Sampai Rusuh Tolakara adalah Jebakan

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR Andika Pandu Puragabaya khawatir kerusuhan yang terjadi di Tolikara, Papua,  sebuah jebakan dari pihak-pihak yang ingin membuat kekacauan di Indonesia. Pasalnya, modus kerusuhan di Tolikara kental dengan isu SARA. Padahal dari pengalaman selama ini, penanganan kerusuhan akibat isu SARA, sangat sulit untuk ditangani.

Karena itu Pandu meminta  aparat keamanan dan pemerintah harus segera bertindak cepat. Namun jangan juga terlalu berlebihan.

“Intinya, aparat keamanan harus menanganinya dengan segera. Harus siaga. Ada intelijen juga. Tapi jangan terlalu over. Saya khawatir ini jebakan. Kalau salah menangani citra Indonesia akan jatuh,” ujar Andika kepada JPNN, Rabu (22/7).

Menurut dia, selain harus ditangani secara komprehensif, peristiwa kerusuhan yang berujung terbakarnya sebuah musala itu juga harus menjadi pelajaran bagi daerah lain. Jangan sampai kecolongan. Karena pascakejadian, teror di beberapa daerah mulai bermunculan.

Pandu membuka kemungkinan Komisi I akan melakukan rapat khusus dalam waktu dekat. Tujuannya, untuk membahas apa yang sebenarnya terjadi. Sehingga dapat segera diantisipasi, jika gejala-gejala gangguan keamanan nasional mulai terlihat.(gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top