Jokowi Perintahkan Bang Yos Selidiki Kerusuhan Tolikara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jokowi Perintahkan Bang Yos Selidiki Kerusuhan Tolikara

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tugas kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru, Sutiyoso. Perintah dari Jokowi tersebut adalah meminta kepada Sutiyoso untuk mendeteksi potensi-potensi kerusuhan susulan seperti Tolikara di daerah lain.

“Iya, dari komunikasi dengan presiden, kami diminta waspada terhadap daerah lain. Dan, itu sudah kami lakukan,” ungkap Bang Yos –sapaan Sutiyoso- saat dihubungi kemarin (21/7).

Dia menyatakan telah berkoordinasi secara intensif dengan kepala BIN di daerah terkait hal tersebut. Mereka juga diminta berkoordinasi dengan institusi lain untuk meningkatkan efektivitas kerja. Koordinasi nanti tidak sebatas bersama intelijen institusi lain milik negara. Tetapi, juga bersama kelompok-kelompok masyarakat.

“Kami akan merangkul tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda untuk sama-sama meningkatkan kewaspadaan di masing-masing daerah,” imbuh mantan Wadanjen Kopassus itu.

Dia mengungkapkan, komunikasi dirinya dan presiden dilakukan lewat sambungan telepon sesaat setelah insiden terjadi. Secara garis besar, Jokowi tidak ingin kejadian serupa terulang di daerah lain.

Melalui akun resminya di Facebook, presiden mengungkapkan telah memerintah kepala BIN bersama-sama Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti agar segera menyelidiki dan mengambil langkah hukum dalam penuntasan kasus Tolikara.

Di situ pula, presiden menegaskan telah mendapat laporan tentang beberapa fakta penting menyangkut latar belakang peristiwa kekerasan.

Jokowi menjamin bahwa penegakan hukum tidak hanya akan diberikan kepada para pelaku di lapangan. Tetapi, juga terhadap semua pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan insiden tersebut. (dyn/owi/c6/end/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top