Kandidat Alternatif Siap Rusak Head to Head di Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kandidat Alternatif Siap Rusak Head to Head di Maros

MAROS, FAJARONLINE — Rencana head to head antara Hatita (Hatta Rahman – Harmil Matotorang) dan Nurani (Nurhasan-Ilham Najamuddin) yang mengemuka pada Pilkada Maros, terancam buyar. PKS mengklaim didekati kandidat alternatif yang siap maju menantang dominasi dua balon yang lebih dahulu mencuat.
Hal tersebut dibeberkan Sekretaris PKS Maros, Kartomas. Nama balon itu masih dirahasiakan, yang jelas, menurutnya balon bukan kader partai, lebih siap secara finansial dan tidak terkendala UU, karena bukan PNS ataupun legislator.
DPD PKS Sulsel saat ini intens berkomunikasi dengan partai-partai pengusungnya. Kandidat tersebut juga diklaim telah mengamankan tujuh kursi, belum terhitung dukungan dua kursi dengan PKS.  “Konstalasi terakhir demikian adanya. Hari Jumat 24 Juli mendatang kita akan umumkan secara resmi kemana dukungan PKS,” bebernya.
Merujuk pada konstalasi terkini, kandidat alternatif ini kemungkinan akan didukung partai-partai yang belum mengarahkan dukungannya kepada Hatita dan Nurani. Hingga kemarin selain PKS (2 kursi) partai yang belum menentukan arah koalisinya secara gamblang adalah Gerindra (4 kursi) dan PKB (1 kursi).
Dikonfirmasi terpisah, Ketua Pokja Pilkada DPW PKS Sulsel Samsari Khitta mengakui pihaknya membuka komunikasi dengan kandidat alternatif tersebut. “Tetapi saya belum tahu apakah lanjut atau tidak. PKS juga masih komunikasi dengan Hatta,” sebutnya.
Senada, Ketua Gerindra Maros Muh Ilyas Cika membenarkan adanya kandidat alternatif yang dimaksud PKS. Cika juga tidak menampik kemungkinan batalnya head to head Hatita versus Nurani akibat adanya kandidat alternatif itu. “Namun kami tetap berkomunikasi dengan semuanya,” tandasnya.
Dengan demikian, Pilkada Maros, Desember mendatang berpotensi diikuti tiga pasangan kandidat. Bahkan bukan tidak mungkin head to head justru diikuti Hatita kontra kandidat alternatif ini, itu jika salah satu partai yang sebelumnya mengusung Nurhasan melarikan dukungan. (ris)

Click to comment
To Top