Kebiasaan… Habis Lebaran Lokalisasi Dipenuhi Penghuni Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kebiasaan… Habis Lebaran Lokalisasi Dipenuhi Penghuni Baru

SEMARANG – Lokalisasi Sunan Kuning (SK) dan Gambilangu (GBL) di Kota Semarang yang tutup selama Ramadan akan segera kembali beroperasi pada H+7 Lebaran. Warga di dua lokalisasi itu pun mulai mewaspadai kehadiran pendatang baru.

Pada tahun-tahun sebelumnya, para wanita pekerja seks komersial (PSK) yang pulang kampung sering kali membawa teman-temannya untuk bekerja di lokalisasi itu. Ketua Rehabilitasi Sosial (Resos) Sunan Kuning, Suwandi Eko Putranto, pihaknya akan mengawasi agar lokalisasi itu tak beroperasi hingga H+7.

Menurutnya, penutupan sementara lokalisasi Sunan Kuning sudah disepakati oleh 560 orang PSK dan 120 wisma karaoke yang ada di wilayahnya. “Kita akan melakukan pengawasan sampai H+7 nanti baru boleh beroperasi,” katanya seperti dikutipJawa Pos Radar Semarang.

Suwandi tidak menampik fenomena munculnya penghuni baru pasca-libur Lebaran. Sebab, sejumlah penghuni lama biasanya membawa teman yang ingin ikut bekerja di Resos SK.

Meski begitu pihaknya akan selektif dalam menerima pendatang. “Kita tidak asal menerima, tapi harus melalui cek kesehatan dan screening. Sebisa mungkin kita akan tekan pendatang baru,” ujarnya.

Terpisah, Sugito salah satu pengurus resosialisasi Gambilangu pun mengatakan hal yang sama. Pihaknya akan melakukan pengawasan ketat terhadap pendatang baru. Tes kesehatan adalah syarat mutlak yang harus dilalui pendatang.

Saat ini terdapat 425 PSK di GBL. “Aturan itu bersifat tegas,” pungkasnya.(radarsemarang/ara/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top