Legislator Temanggung Soroti Lemahnya Pengawasan Infrastruktur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Legislator Temanggung Soroti Lemahnya Pengawasan Infrastruktur

TEMANGGUNG – Kalangan DPRD Temanggung kembali menyoroti lemahnya pengawasan proyek infrastruktur di Kabupaten Temanggung. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya tenaga auditor di bidang sipil.
“Semakin meningkat anggaran infrastruktur mestinya juga diimbangi dengan fungsi pengawasan oleh pihak terkait, namun saat ini masih cukup lemah,“ kata Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung, Gunawan Adi Purnomo.
Politisi PDIP tersebut mengukapkan salah satu alasan yang diungkapkan Inspektorat Kabupaten Temanggung adalah kurangnya SDM, khususnya untuk tenaga auditor, pemkab khususnya bupati harusnya menambah tenanga auditor.
Dari catatan Komisi A, selama 2014 terdapat 600-an objek pemeriksaan (obrik) dan baru 111 di antaranya yang tertangani. Obrik infrastruktur pun tidak termasuk yang tertangani akibat tidak adanya auditor. Menghadapi masalah ini, Gunawan mengatakan idealnya ditambah lima orang lagi tenaga auditor berlatarbelakang ilmu sipil.
Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Temanggung, Cuk Sugiarso mengatakan selama ini baru terdapat sembilan tenaga auditor yang aktif. Sembilan auditor tersebut terdiri dari dua auditor berlatarbelakang ilmu akuntansi murni, dua auditor ilmu teknik, empat auditor ilmu akuntansi campuran dan satu orang auditor ilmu psikologi.
“Sebenarnya sebelum ini ada 12 auditor. Tapi dua orang kemudian dipindah dan satu orang lagi sedang menempuh pendidikan. Hal ini memang menjadi permasalahan karena tim auditor belum ada dari sipil. Tapi sebenarnya tidak hanya sipil, kami juga sangat membutuhkan tenaga auditor dari bidang farmasi,” ujarnya. (din)

loading...
Click to comment
To Top