Manjakan Pemudik, Siapkan Tempat Laksana Hotel Mewah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Manjakan Pemudik, Siapkan Tempat Laksana Hotel Mewah

BATANG – Kini sudah mulai arus balik. Bahkan diprediksi, arus balik akan mencapai puncaknya Sabtu dan Minggu ini. Nah, bagi para pemudik dan balik tahun ini dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di sepanjang jalur Pantura Kabupaten Batang. Di situ, banyak sekali bertebaran posko-posko yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak melepas lelah dengan menyenangkan dan aman.

Dari arah barat dimulai dengan Pos Yan 1 milik Polres Batang yang terletak di alun-alun kota Batang yang luas dengan penjaga dari kepolisian, TNI, Pramuka dan tim medis lengkap dengan ambulan yang siaga. Dan sepanjang jalan ke arah timur ada posko dari Banser, Kodim, Ormas, bengkel, produk makanan maupun warung-warung kecil yang semuanya menyediakan pelayanan untuk pemudik dari sekadar mengisi perut ataupun istirahat.
Tetapi dari semua pos tersebut yang paling ramai dijadikan tempat istirahat adalah di kompleks Pos Yan 2 yang terletak di daerah Alas Roban Gringsing. Selain ada Pos Polisi yang luas dan lengkap serta pos medis dari Dinas Kesehatan tersedia juga puluhan warung kecil. Ada juga dua stand produk mi instan terkenal yang mendirikan tenda dengan desain menarik seperti istana anak-anak dan yang satunya seperti kafe dengan desain alam yang teduh.
Di stand nan luas itu tersedia meja kursi yang terbungkus kain putih bersih, TV layar lebar, free hotspot, toilet dan musholla. Bahkan disediakan juga tenaga pijat refleksi dan tempat tidur lipat.
Citra Pravitastia, seorang sineas muda dari Yogya mengatakan, tempatnya seperti resepsi pernikahan di hotel mewah!
Disebelahnya juga tak kalah menarik, GMNI mendirikan Cafe Street yang unik dengan desain seperti panggung pentas musik untuk pemudik yang berjiwa muda yang ingin beristirahat sambil minum segelas kopi hangat. Harga yang dipatok di tempat tersebut juga tak mencekik leher.
Sebelum dan sesudah Pos Yan 2 masih ada warung-warung dadakan yang tak kalah ramai. Tempat ini menjadi paling ramai disinggahi pemudik maupun yang akan kembali ke Jakarta karena selain lokasinya yang nyaman dan teduh tempat parkirnya juga luas.
Di Pos Yan 2 puluhan polisi berjaga bersama TNI, pramuka Saka Bhayangkara dan tenaga relawan lainnya. Ambulans standby 24 jam untuk mengevakuasi jika terjadi kecelakaan.
Kanit Laka Polres Batang Iptu Agus Win yang bertanggung jawab di Pos Yan 2 mengatakan, persiapan pengamanan mudik tahun ini adalah penyempurnaan dari pengalaman dari tahun sebelumnya. Pos Yan 2 terletak di simpang 3 Alas Roban yang dulu terkenal rawan kecelakaan.
“Tapi sekarang kami memantau terus untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir angka kecelakaan dan alhamdulillah semua berjalan lancar,” katanya.
Untuk itu polisi yang bertugas tak segan-segan mengingatkan kendaraan besar untuk tidak melewati jalur alternatif yang menurun tajam. “Terkadang kami harus menegur keras pengemudi mobil besar yang ngeyel ingin menerobos, tapi itu semua untuk keselamatan bersama. Rambu lalu lintas dan CCTV kami pasang untuk memudahkan pemantauan,” tuturnya.
Selain itu juga ada delapan pos pembantu yang selalu dijaga petugas dan relawan. “Kami jamin di jalur Pantura Batang aman dari tindak kejahatan. Dan hasil positif yang dicapai adalah hingga H+4 tidak ada kecelakaan ataupun gangguan apapun di wilayah Batang ini,” ujar Iptu Agus Win.
Di jalur alternatif yang menuju Yogyakarta juga tak luput dari pengamanan. Selain dipasang rambu dan penunjuk arah, polsek setempat juga menerjunkan anggotanya untuk mengamankan terutama di daerah yang berpotensi macet karena pasar tumpah seperti di Limpung dan Bawang. Kedua daerah tersebut bisa dilalui untuk mempersingkat jalan menuju Yogyakarta.
Kapolsek Limpung AKP Raharja, SH memimpin pengaturan lalu lintas disekitar pasar. Untuk menghindari kemacetan dan kesemrawautan dipilih sistem buka tutup. Semua kendaraan bermotor yang akan melewati jalan depan pasar dialihkan masuk terminal bus untuk selanjutnya melalui jalur lingkar pasar.
Kasatlantas Polres Batang AKP Budiarto, SH, MH juga tak henti berkeliling siang malam memantau kesiapan anak buahnya di lapangan. Komando terus dilakukan lewat HT dan saling berhubungan antar pos yang terbentang sepanjang 54 kilometer ini.
Jalan yang mulus dan lebar, banyak tempat istirahat dan penjagaan simpatik tentunya sangat membantu pemudik yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Tinggal bagaimana sikap pengemudi sendiri ketika berkendara. Human error sangat berpengaruh. (feb)

loading...
Click to comment
To Top