Menteri Yuddy Maklumi PNS Bolos – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menteri Yuddy Maklumi PNS Bolos

JAKARTA – Pasca libur lebaran Idul Fitri ternyata masih banyak instansi yang terlihat kosong. Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih ada yang ‘memperpanjang liburan’ mereka. Terkait dengan hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi meminta masyarakat tidak langsung negative thinking.

Dikatakan, bila mendapati instansi yang kosong, bisa saja para PNS yang bolos karena alasan transportasi dan keterbatasan dana.

“Saya yakin, kalau ada PNS yang bolos biasanya tidak disengaja. Dalam situasi sekarang, bisa saja PNS-nya terpaksa membolos,” kata Yuddy di sela-sela sidang, Rabu (22/7).

Dia mencontohkan perjalanannya dari Bandung ke Jakarta di hari lebaran kedua yang memakan waktu hingga lima jam. Apalagi PNS yang mau mudik di wilayah Jateng dan Jatim. “PNS yang mudik pakai mobil pasti ketemu macet. Ini bisa membuat perjalanan molor berhari-hari,” ucapnya.

Begitu juga dengan PNS yang mudik menggunakan pesawat. Harus prepare jauh-jauh hari karena harga tiket sangat tinggi.

“Jumlah PNS yang punya jabatan tinggi tidak banyak. Ada 4,3 juta PNS yang gajinya maksimal Rp5 juta. Kalau tidak dipersiapkan jauh hari sulit menjangkau harga tiket yang melangit.  Melihat kondisi inilah, saya masih memberikan toleransi. Sanksi tetap berlaku namun diperingan,” tandasnya. (esy/jpnn)

Click to comment
To Top