250 Tangki Air Bersih Siap Didrop ke Daerah Krisis Air di Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

250 Tangki Air Bersih Siap Didrop ke Daerah Krisis Air di Temanggung

TEMANGGUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, kembali droping air bersih ke daerah yang mengalami krisis air bersih setelah libur lebaran.

“Mulai Rabu (kemarin) droping dilanjutkan, terakhir droping H-1 kemarin untuk keperluan selama lebaran,” kata Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi.
Di Temanggung, daerah yang termasuk rawan krisis air bersih berada di 10 kecamatan 22 desa dan 62 dusun. Sampai kini yang telah mengajukan untuk mendapat bantuan air bersih berjumlah 12 dusun di 5 kecamatan.
Sedangkan yang telah mendapat bantuan air bersih baru di 3 dusun di 3 kecamatan, yakni Dusun Sungapan Desa Jamusan Kecamatan Jumo, Dusun Tegalsari Desa Wadas Kecamatan Kandangan dan Dusun Keniten Desa Tepusen Kecamatan Kaloran. “Kami survey dahulu sebelum droping, yakni melihat apakah memang warga sudah benar-benar sudah membutuhkan air bersih,” tambahnya.
Disampaikan, droping air bersih kali pertama pada 9 Juli lalu, setelah istirahat lebaran lantas kembali droping. Total telah 17 tangki. Droping tersebut menggunakan satu armada milik BPBD.
Dikatakan, diperkirakan puncak kemarau pada Oktober mendatang. Untuk itu telah disiapkan 250 tangki air bersih. Bantuan itu akan ditambah dengan bantuan sebanyak 150 tangki air bersih dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Kami minta warga yang mengalami krisis air bersih untuk melapor ke pemerintah desa dan kecamatan untuk dimintakan bantuan air bersih ke pemerintah,” katanya. (*)

loading...
Click to comment
To Top