Ahmad Yani Sesak, Jonan: Bandaranya Memang Kecil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ahmad Yani Sesak, Jonan: Bandaranya Memang Kecil

SEMARANG, RAJA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memantau keberlangsungan arus balik Lebaran 2015 di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Rabu (22/7). Keberadaan bandara yang kecil dan sesak menjadi perhatian tersendiri menteri pendiam namun tegas itu.

Seperti diketahui bahwa saat ini Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang tengah dilakukan pembangunan di lahan baru, tidak jauh dari dari bandara semula. Jonan mengakui bahwa bandara Ahmad Yani mempunyai kapasitas terminal dan ruang tunggu yang relatif kecil. Kendati demikian, ia tetap meminta agar pelayanan bandara dioptimalkan untuk mengurangi kesesakan dalam arus balik ini. “Tidak ada masalah, lancar. Namun ya sesak begini kondisinya, memang bandaranya harus diganti,” kata dia.

Mengantisipasi hal tersebut, Jonan menghimbau kepada penumpang untuk datang di terminal bandara lebih awal. “Satu jam sebelum penerbangan lah (para penumpang) harus sudah siap di bandara,” kata dia.

Secara umum, menurut Jonan, arus Mudik di Bandara Ahmad Yani tidak mengalami kendala. Berdasarkan tinjauannya hanya ada satu penerbangan yang ditunda keberangkatannya, yakni ke Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. “Tidak ada yang batal. Cuma ada satu tadi yang batal, Garuda yang ke Denpasar,” ucap mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia itu.

“untuk saat ini dari H-7 hingga H+2 tingkat angka kecelakaan mengalami penurunan dibanding dari tahun lalu, angka kecelakaan dari 3004 kejadian menurun 2346 kejadian begitu juga angka kematian menurun hingga 10-20% karena masyarakat sudah sadar dalam disiplin berlalulintas.”

Setelah mengunjungi bandara, Jonan mengunjungi terminal bus Terboyo, dan meninjau di Stasiun Poncol Semarang. (*)

Click to comment
To Top