Akbar Kritik Wacana Penundaan Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Akbar Kritik Wacana Penundaan Pilkada

FAJARONLINE, MAROS — Wacana penundaan Pilkada serentak Desember mendatang ditepis oleh anggota DPR-RI Akbar Faizal. Pada resesnya di Maros kemarin, Rabu 22 Juli anggota komisi III yang membidangi Hukum,HAM dan Keamanan itu menegaskan Pilkada akan tetap berlangsung sesuai jadwal.
Menurut Akbar, seluruh penyelenggara dan perangkat Pilkada serentak telah menyatakan kesiapan, termasuk aspek keamanan. Politisi Nasdem itu merujuk  pada hasil rapat DPR-RI dengan Polri, Kejagung, KPU dan Bawaslu. “Semuanya menyatakan kesiapan,” tegasnya.
Sebelumnya pekan lalu BPK melaporkan kepada DPR 10 temuan ketidaksiapan pelaksanaan pilkada serentak. Diantaranya ketidaksiapan penyediaan anggaran, rencana penggunaan anggaran, rekening hibah dan penghitungan biaya keamanan.
Akbar mengkritik alasan-alasan itu yang menurutnya sengaja dimunculkan pihak tertentu untuk menjegal pilkada serentak. “Alasan penundaan tidak cukup kuat, dan kita juga cukup cerdas untuk tahu bahwa itu (penundaan) tidak perlu,” sindirnya.
Khusus di Maros, anggaran pengamanan Pilkada mencapai Rp 3 miliar dari sebelumnya diusulkan Rp 4 miliar. Meski turun dari jumlah usulan, Kapolres Maros AKBP Lafri Prasetyono mengaku anggaran tersebut cukup untuk mengamankan Pilkada Maros Desember mendatang.
“Kita akan sesuaikan dengan jumlah personil dan men-sinergis-kan dengan stakeholder lainnya. Namun kami tegaskan Polres Maros siap menjaga kamtibmas selama tahapan-tahapan Pilkada ini,” tandasnya. (ris/wik)

To Top