Besok, Ada Gunungan Hasil Bumi Saat Syawalan di Linggoasri Pekalongan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Besok, Ada Gunungan Hasil Bumi Saat Syawalan di Linggoasri Pekalongan

KAJEN – Puncak Tradisi Syawalan 1436 H di Obyek Wisata (OW) Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, dijadwalkan diselenggarakan besok, Jumat (24/7). Seperti tahun sebelumnya, Upacara Tradisi Syawalan tahun ini juga kembali akan dimeriahkan gunungan hasil bumi dari setiap kecamatan yang dilombakan serta megono gunungan seperti biasanya.

Upacara Tradisi Syawalan direncanakan dihadiri Bupati Drs HA Antono MSi dan Wakil Bupati Pekalongan Fadia Arafik, SE, Ketua DPRD Hj. Hindun MH, serta unsur FKPD. Acara akan dimeriahkan tarian khas Kabupaten Pekalongan Renggong Manis dan sendra tari Teguhing Kautaman.
Gunungan hasil bumi dan megono akan diperebutkan pada warga yang datang ke objek wisata pegunungan tersebut setelah pemotongan tumpeng oleh Bupati dan penilaian gunungan hasil bumi diumumkan.
Plt Kepala Dinporapar, Fuadi Jaman AP, mengatakan, selain gunungan megono dan gunungan hasil bumi, pihaknya juga menyediakan ribuan bungkus nasi megono yang akan dibagikan pada warga yang hadir. Dia memperkirakan OW Linggoasri akan dikunjungi ribuan pengunjung pada saat puncak Syawalan besok.
Upacara Tradisi Syawalan akan dimulai pukul 08.00 di Lapangan wana wisata tersebut. Sebelumnya, Wabup Fadia Arafik akan melepas arak-arakan yang mengusung kesenian khas Kabupaten Pekalongan, dari Balai Desa Linggoasri. Puncak Syawalan di Wana Wisata Linggoasri tahun ini diharapkan bisa lebih meriah dibanding Syawalan tahun 2014 lalu. “Mudah-mudahan cuaca cerah,” harap Fuadi Jaman.
Selain bisa menyaksikan Upacara Tradisi Syawalan, para pengunjung Wana Wisata Linggoasri juga bisa menyaksikan hiburan musik pop dan dangdut di Panggung Hiburan objek wisata tersebut. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan serta suasana pegunungan di kawasan tersebut, bermain bersama keluarga di arena permainan yang disediakan, atau berenang di kolam renang dengan air yang sejuk. Syawalan di OW Linggoasri sudah dimulai sejak Sabtu (18/7) lalu yang dimeriahkan hiburan band-band lokal. Pengunjung sudah memadati Wana Wisata milik Pemkab Pekalongan tersebut selama libur Lebaran. (*)

Click to comment
To Top