Bantaeng Percontohan Salaras – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bantaeng Percontohan Salaras

FAJARONLINE, BANTAENG – Kementerian Sosial memilih Kabupaten Bantaeng sebagai daerah percontohan sistem layanan dan rujukan terpadu (Selaras) untuk masyarakat sejahtera. Perwakilan Bappenasa, Dinar Kesman menuturkan Bantaeng menjadi salah satu pilot penanggulangan masalah sosial, dengan ruang lingkup yang mampu memberi solusi tentang kesejahteraan masyarakat. “Sistem layanan dan rujukan terpadu untuk masyarakat sejahtera merupakan salah satu bentuk inovasi pemerintah agar dapat lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efektif dalam memberikan pelayanan pada seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya di ruang rapat Bupati Bantaeng, Jumat 24 Juli.

Sebelum diskusi dimulai, terlebih dulu ditampilkan perkenalan singkat profil UPT SPMKS Sipakatau Bantaeng. Kabupaten Bantaeng yang merupakan salah satu pilot project pandu gempita menjadi satu-satunya daerah di kawasan Indonesia Timur yang menjadi daerah percontohan seluruh daerah di Indonesia.

Kegiatan Selars sangat didambakan masyarakat, khususnya kurang mampu dan penyandang cacat. Karena itu diharapkan kegiatan tidak berhenti dan dapat terus berlanjut. Bantaeng disebutkan sebagai salah satu dari lima kabupaten utama yang memiliki konsep Selaras yang akan memberi dampak positif dalam memperkuat fungsi UPT SPMKS sipakatau khususnya dalam menyelenggarakan kesejahteraan masyarakat. “Pada 2019 ditargetkan setidaknya 50 persen daerah di Indonesia sudah mencanangkan sistem Selaras,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantaeng, Syahrul Bayan menegaskan secara kelembagaan UPT SPMKS Sipakatau sudah siap, seluruhnya telah terkoordinasi dengan baik. “Di samping itu, Dinsoskertrans juga membuat bahan publikasi ke beberapa kecamatan guna mempercepat sistem layanan terpadu tersebut,” demikian Syahrul. (taq)

loading...
Click to comment
To Top