Tekanan Arus Pompa Diturunkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tekanan Arus Pompa Diturunkan

CILACAP, RAJA – Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menanggulangi rembesan pipa bahan bakar minyak di Sungai Serayu, Desa Karangkemiri, Kabupaten Cilacap.

“Rembesan pada pipa BBM itu diketahui pada pukul Kamis (23/7) 07.30 WIB setelah Pertamina Terminal BBM Maos mendapat laporan dan informasi dari PT KAI (Kereta Api Indonesia). Setelah dicek, rembesan itu terjadi pada pipa CY 1 yang berada pada titik KP (Kilometer per Pipa) 18,400 atau sekitar 1 kilometer sebelah barat TBBM Maos,” kata External Relation Manager Pertamina MOR IV Jateng-DIY Roberth MV Dumatubun, Kamis.

Setelah mendapat laporan tersebut, kata dia, tim HSSE (Health, Safety, Security and The Environment) dan Teknik TBBM Maos langsung melakukan penanggulangan rembesan tersebut dan secara simultan berkoordinasi dengan aparat setempat termasuk kepolisian untuk melakukan pengamanan lokasi dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam penanggulangan rembesan yang terjadi pada pipa CY 1 tersebut, kata dia, tim Pertamina meletakkan penampungan di bawah titik rembesan. Selain itu, kata dia, pada area Sungai Serayu di bawah titik rembesan juga ditempatkan “oil boom” untuk melokalisasi rembesan di air sungai. “Tim Pertamina juga membersihkan lapisan film BBM di permukaan sungai dengan menggunakan ‘oil dispersant’ agar tidak terjadi pencemaran,” katanya.

Guna mengurangi rembesan pada saat kejadian, kata dia, kecepatan arus (flow rate) pemompaan diturunkan namun penyaluran tetap berjalan. Ia mengatakan bahwa saat ini fokus Pertamina melakukan perbaikan dengan sistem klem pada titik rembesan. “Mengacu aspek ‘safety’ pada saat proses klem dilakukan, pemompaan akan dihentikan sementara untuk proses pengelasan,” katanya.

Kendati demikian, Roberth mengatakan bahwa penghentian pemompaan itu tidak berpengaruh pada penyaluran BBM bagi masyarakat dikarenakan stok di TBBM dalam kondisi cukup dan Pertamina memiliki jaringan pipa CY 2 yang tetap beroperasi. “Stok Solar di TBBM Maos dalam kondisi cukup, penyaluran solar TBBM Maos sekitar 1.300 kiloliter per hari. Pasokan BBM khususnya jenis solar untuk wilayah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, dan Brebes dari TBBM Maos sejauh ini secara umum berjalan lancar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Maos Ajun Komisaris Polisi Kiswoyo mengatakan bahwa setelah mendapatkan laporan dari Pertamina, pihaknya langsung datang ke lokasi untuk melakukan pengamanan. “Itu hanya rembesan atau tetesan, Pertamina sudah melakukan antisipasi,” katanya. (In)

loading...
Click to comment
To Top