Kiat Polisi Antisipasi Konflik Seperti di Tolikara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Kiat Polisi Antisipasi Konflik Seperti di Tolikara

FAJARONLINE, DUMAI – Pasca Kerusuhan yang terjadi di Tolikara, Papua, Kepolisian Sektor Dumai Timur menggelar penyuluhan di beberapa masjid sebagai bentuk antisipasi hal-hal yang dapat menggangu kemanan dan ketertiban masyarkat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya.

Kegiatan premtif yang dilakukan oleh jajaran Polsek Dumai Timur bersasaran kepada tokoh agama umat muslim dan jamaah masjid guna mengantisipasi terjadinya konflik antara masyarakat dan umat beragama seperti yang terjadi di Tolikara, Papua beberapa waktu lalu.

Kapolres Dumai AKBP Suwoyo SIK MSI melalui Kapolsek Dumai Timur Kompol Bayu Wicaksoni SH MSI menyebutkan kegiatan dilakukan tidak lain bertujuan untuk mengantisipasi terjadi gangguan kamtimas yang terdapat di wilayah hukumnya.

“Mengingat paska terjadinya kerusuhan yang beruntun pada konflik agama yang terjadi di Tolikara Papua, kita berupaya melakukan upaya-upaya antisipasi terjadinya hal tersebut, salah satu memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama tokoh agama untuk tidak terpancing dan terpropokasi dengan kejadian di Papua tersebut,” ujar Kompol Bayu.

Kata Bayu, upaya yang dilakukan pihaknya dalam hal ini Sabhara dan Kamtibmas Polsek Dumai Timur bersasaran kepada tokoh agama dan jamaah masjid, untuk itu pihaknya mengunjungi beberapa masjid untuk diberikan pengarahan dan himbau terkait antisipasi terjadinya kerusahan diwilayah hukumnya.

“Kita mengunjungi beberapa Masjid yang terdapat di wilayah hukum Polsek Dumai Timur seperti, Masjid Al- Mubin Kelurahan Teluk Binjai, Masjid Darussalam Kelurahan Jaya Mukti, Masjid Al-Ikhsan Kelurahan Bintan dan Mushola Al-Huda Kelurahan Buluh Kasap,” urainya.

Dalam kunjungan itu lanjut Kompol Bayu, pihaknya melaksanakan sholat Isya berjamaah kemudian menyampaikan beberapa pesan guna antisipasi gangguan kamtibmas maupun menghimbau kepada masyarakat khususnya para tokoh agama dan jamaah untuk tidak terpancing serta terprovokasi dengan kejadian di Tolikara, Papua.

“Kita juga mengajak seluruh pihak untuk berpatisipasi aktif dalam memelihara kerukunan, saling menghormati antar sesama umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan sebagai sesama masyarakat yang berasaskan Pancasila,” pesan mantan Kasat Reskrim Polres Dumai.(dumaipos)

loading...
Click to comment
To Top