KPU Kota Semarang: Parpol, Segera Siapkan Calonnya! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

KPU Kota Semarang: Parpol, Segera Siapkan Calonnya!

SEMARANG – Pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Semarang akan dimulai besok, Minggu (26/7) hingga Selasa (28/7). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Jawa Tengah, meminta agar partai politik atau gabungan partai politik segera mempersiapkan diri dan mendaftarkan calonnya sesuai jadwal pendaftaran.

“Walau pun dalam beberapa item (syarat pendaftaran) nanti bisa diperbaiki pada masa verifikasi dan perbaikan,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono.
Ia mengimbau, pimpinan parpol maupun gabungan parpol yang akan mengajukan calonnya untuk segera mempersiapkan diri dengan baik, sekaligus melengkapi syarat-syarat yang harus didaftarkan. Himbauan itu, dikarenakan pihaknya khawatir Pilwalkot Semarang 2015 akan ditunda hingga tahun 2017.
Menurut dia, sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2015 tentang tahapan pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, pendaftaran pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota dari parpol akan dibuka mulai tanggal 26-28 Juli nanti mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di kantor KPU.
Henry menambahkan, berdasarkan salah satu revisi dari PKPU Nomor 12 tahun 2015 Pasal 89 ayat 1, menyebutkan bahwa jika dalam tiga hari masa pendaftaran itu hanya kurang dari dua pasang calon atau tidak ada sama sekali yang mendaftar, maka masa pendaftaran diperpanjang hingga tiga hari lagi yaitu tanggal 29-31 Juli.
Namun, seandainya dalam masa perpanjangan tiga hari itu selesai, tetap saja tidak ada yang mendaftar atau kurang dari dua pasangan calon, maka Pilwalkot Semarang 2015 dipastikan akan ditunda hingga tahun 2017. “Sesuai PKPU tersebut, jika kurang dari dua pasang calon atau tidak ada yang mendaftar maka pemilihan kepala daerah Gubernur/ Bupati/ Walikota ditunda secara keseluruhan tahapannya pada pemilu serentak berikutnya di tahun 2017,” imbuhnya.
Karena itu, supaya tahapan pilkada Kota Semarang tetap berjalan dengan baik sebagaimana diharapkan seluruh masyarakat, pihaknya mengimbau parpol dan pimpinan parpol untuk bisa memanfaatkan fungsinya sebagai sarana rekrutmen politik, dan juga sarana pendidikan politik bagi masyarakat. “Jangan sampai mengambil keputusan yang berbeda dengan fungsi asli parpol itu, yang akhirnya akan merugikan masyarakat banyak,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang HA Supriyadi meminta, KPU sebaiknya tetap fokus melakukan persiapan Pilwalkot Semarang 2015 ini dengan baik. Pihaknya yakin seluruh masyarakat Kota Semarang termasuk parpol menginginkan pilkada tetap berjalan sesuai jadwal. “Oleh karena itu, tidak perlu ada kekhawatiran pilkada akan ditunda, karena tidak adanya peserta pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang mendaftar,” terangnya. (Art)

loading...
Click to comment
To Top