Polri Analisa Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Polri Analisa Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipali

FAJARONLINE, JAKARTA – Mabes Polri menerjunkan tim Traffic Accident Analysis (TAA) di area Tol  Cipali untuk  mencoba menyelidiki penyebab kecelakaan maut yang menewaskan tujuh orang di Kilometer 166, Desa Surwangi, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengkan, kemarin (25/7).

Kasubdit Laka Mabes Polri, AKBP Dedi Suharyanto menjelaskan, tim TAA masih belum bisa memastikan penyebab dari kecelakaan maut tersebut. Saat ini, tim TAA sedang mengumpulkan data untuk kemudian dianalisis lebih lanjut.

“Untuk sementara ini kami kumpulkan data terlebih dahulu untuk dianalisis dan diolah. Sehingga kronologis kecelakaan ini bisa diketahui. Kami akan coba analisis mulai dari sebelum, saat dan setelah insiden itu terjadi,” jelasnya.

Dugaan sementara, kata Dedi, kecelakaan yang melibatkan mobil Innova dengan Bus Setia Negara itu disebabkan oleh human error. Pengendara diduga kelelahan dan akhirnya oleng. Namun pihaknya belum bisa memastikan penyebab real kecelakaan tersebut.

“Untuk sementara penyebab kecelakaan ini diduga karena pengemudinya mengantuk sehingga oleng kemudian ditabrak oleh bus. Sementara untuk kepastian penyebab baru bisa diketahui besok,” lanjutnya.

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Moechgiyarto SH MHum juga turut mengecek lokasi kecelakaan di kilometer 166. Dikatakannya, sebagian besar kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali murni disebabkan oleh kurang kehati-hatian para pengendara. Termasuk kecelakaan di kilometer 166.

“Kebanyakan kecelakaan yang terjadi di ruas Tol Cipali ini disebabkan oleh kelalaian pengendara. Pemicu kecelakaan diduga karena jalanan yang sepi sehingga pengendara akhirnya ugal-ugalan,” jelasnya.Sementara, Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Rezkhy Satya Dewanto SIK menambahkan penyebab lain banyaknya insiden di tol terpanjang di Indonesia itu adalah minimnya rambu dan penerangan jalan.

“Jika malam hari kondisi jalan gelap, dan minimnya rambu-rambu bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di Tol Cipali,” tambahnya.(bae/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top