Bakal Ada Kompetisi Astronomi Internasional di Magelang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bakal Ada Kompetisi Astronomi Internasional di Magelang

MAGELANG, RAJA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam Kompetisi Astronomi Internasional. Ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics 2015 akan digelar di Magelang.

“Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah di kompetisi tersebut,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Sebelumnya Indonesia sempat menjadi tuan rumah pada ajang tersebut di 2008. Di tahun tersebut, ajang internasional ini diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Anies menerangkan, IOAA merupakan acara tahunan yang sebelumnya diprakasai oleh lima negara. Lima negara tersebut, yakni Thailand, Cina, Iran, Polandia dan Indonesia. Menurut Anies, ajang ini pertama kali diprakasai pada 2006.

Perhelatan itu, kata Anies, diperuntukkan bagi siswa SMA di seluruh dunia. Terutama, lanjut dia, siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang astronomi.

Ia juga menjelaskan, ajang tersebut diharapkan bisa menumbuhkembangkan minat astronomi di kalangan siswa. Kemudian, tambah dia, dapat menjalin persahabatan global dengan para astronom muda dunia juga.

Pada ajang 2015 ini, Anies mengungkapkan, akan diselenggarakan selama sepuluh hari di Magelang, Jawa Tengah. Ia menyatakan, kegiatan akbar ini akan berlangsung dari 26 Juli hingga 4 Agustus 2015. (rep)

Click to comment
To Top