Dua Terdakwa Bansos pojokkan Adil Patu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Dua Terdakwa Bansos pojokkan Adil Patu

FAJARONLINE, MAKASSAR – Sidang kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos) Sulsel 2008 dengan terdakwa Kahar Gani dan Mujiburrahman berlanjut di Pengadilan Tipikor Makassar, Senin 27 Juli. Agendanya pembacaan eksepsi atau pembelaan atas tuntutan jaksa sebelumnya. Dalam pembelaannya, kedua terdakwa mengaku pada 2008 mereka tidak mengetahui dan memahami dana bansos.

Kahar Gani dan Mujiburrahman menyebutkan pada 2008, mereka  tidak mengetahui dan memahami ada dana bansos termasuk prosedur pencairannya. Keduanya mengaku saat itu mengajukan proposal dana bansos ke Pemprov Sulsel atas perintah Adil Patu sebagai Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) Partai Demokrasi Kebangsaan Makassar.

Mujiburrahman dalam nota pembelaannya menjelaskan, pada  Februari 2008, dia diminta  Adil Patu mengajukan permohonan bantuan dana bansos dengan nominal anggaran sebesar Rp100 juta. Namun  akhir 2008, Mujiburrahman dihubungi Adil Patu untuk menemui staf Bagian Keuangan Pemprov Sulsel, Nurlina untuk menerima cek senilai Rp700 juta. Padahal pengajuan dana yang dimohonkan hanya Rp100 juta.

Mujiburrahman mengaku kaget ketika diminta mencairkan dana sebesar tersebut. Namun setelah mengkonfirmasi ke Nurlina, Mujiburrahman mengetahui ternyata jumlah itu merupakan penggabungan permohonan dana dari enam proposal.

Dalam sidang yang dipimpin majelis hakim yang diketuai Muhammad Damis itu, kedua terdakwa dijadwalkan kembali menjalani persidangan  Rabu 29 Juli dengan agenda mendengar tanggapan jaksa atas eksepsi terdakwa. (jai)

loading...
Click to comment
To Top