Inilah Para Kandidat Bupati Maros dan Partai Pengusungnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Inilah Para Kandidat Bupati Maros dan Partai Pengusungnya

MAROS, FAJARONLINE — Konstalasi politik di Maros yang dinamis membuat peta kekuatan kandidat jelang pilkada terus berubah. Namun perkembangan terakhir menunjukkan rencana head to head buyar karena suksesi akan diikuti lebih dari dua calon kandidat. Justru penantang terkuat sebelumnya, Nurhasan kesulitan memastikan diri untuk maju.
Yang pertama kali memastikan diri maju adalah pasangan petahana, Hatta Rahman-Harmil Matotorang. Hatita percaya diri membawa rekomendasi PAN dan yang cukup mengejutkan, Nasdem. “Rekomendasi Nasdem ke Hatita ditandatangani 24 Juli kemarin, ini semakin menguatkan posisi kita,” jelas Sekertaris PAN Maros, Chaidir Syam.
Partai Nasdem disebut beralih ke Hatita’ karena kandidat yang sebelumnya mereka usung, Nurhasan tidak bisa memenuhi persyaratan berupa dukungan koalisi partai.  Padahal, Nasdem termasuk yang paling awal mengusung nama Nurhasan-Ilham Najamuddin (Nurani).
Master Campaign Nurani, Muh Nurjaya mengakui adanya perubahan rekomendasi dari Partai Nasdem. Rekomendasi yang telah ditangannya tersebut tiba-tiba dianggap batal dengan munculnya rekomendasi baru ke Hatita. “Saat ini perjuangan untuk mendapatkan rekomendasi masih alot, jika semuanya lancar kita akan mendaftar hari Selasa,” sebutnya.
Sementara, Partai Demokrat telah menerbitkan rekomendasi usungnya kepada paket Husain Rasul dan Andi Sudirman. Husain yang merupakan Ketua Golkar Maros versi ARB, mengklaim diusung koalisi Demokrat, Gerindra dan Golkar. “Rekomendasi telah kami serahkan. Ini  hasil kesepakatan Tim 6 dengan DPP,” kata Humas Demokrat Sulsel Jefri Y Timbo.

Terkait edaran KPU Pusat mengenai partai berperkara atau dua kubu, ketua Golkar Maros versi AL, Muh Ramli Rahim menyatakan sikap bersedia menanda tangani rekomendasi Husain Rasul, asalkan Husain bersedia memberikan jaminan pengunduran diri sebagai anggota DPRD dan ditembuskan ke KPU.

“Itu amanah dari DPP, namun demikian, Golkar AL di Maros tetap komitmen mendukung Hatita, sesuai amanah musda. Kami akan tetap membentuk Yellow Team untuk Hatita,” tegas Ramli.

Adapun partai-partai lain seperti PKS menggalang dukungan hingga malam tadi untuk mengusung kandidatnya. Sekertaris PKS Maros, Kartomas menyebut mereka akan mencalonkan Imran Yusuf dengan Said Patombongi (Iman).
Akronim “Iman” dipilih pasangan ini, menyusul rekomendasi mereka berasal dari partai-partai berbasis Islam seperti PKS dan PKB. Bahkan Kartomas mengklaim sukses mendapatkan dukungan PBB yang sebelumnya di Hatita. Namun rekomendasi mereka baru lima kursi, kurang dua dari syarat KPU.
“Iman sudah memperoleh rekomendasi yang disyaratkan, namun kami belum bisa sebut nama partai lainnya. Kami mendaftar tanggal 28 Juli. ” ujarnya. (ris)

To Top