Kampung Daraga, Daerah Transmigrasi Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kampung Daraga, Daerah Transmigrasi Baru

FAJARONLINE, SENGKANG — Sukses dengan kampung transmigrasi di Bekkae Kecamatan Gilireng, Pemda Wajo kembali menyiapkan satu kampung  untuk daerah transmigrasi baru. Kali ini Pemda Wajo menyiapkan lahan di  daerah Daraga Kecamatan Gilireng.

Saat ini Pemda Wajo sedang menjajaki pembebasan lahan kampung Daraga. Luas daerah yang akan dibebaskan untuk kampung transmigrasi baru tersebut sekira 1200 hektare. Namun, berapa jumlah yang akan mengisi kampung transmigrasi tersebut belum diketahui.”Belum ada jumlah. Intinya 50 persen antara penduduk lokal dan nasional,”tegasnya.

Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru mengatakan, daerah transmigrasi baru merupakan kerjasama pemerintah pusat dengan daerah. Pemerintah daerah hanya menyiapkan lahan sementara pembangunannya dari  pusat.

Kampung transmigrasi baru, lanjut bupati dua priode itu, akan diisi penduduk lokal dan penduduk nasional seperti Jawa.”Nanti 50 persen lokal dan 50 persen penduduk dari luar,”ujar Andi Burhanuddin.

Andi Burhanuddin menambahkan, penduduk lokal yang akan dipindahkan ke daerah transmigrasi tersebut adalah warga yang terkena dampak Bendungan Passeloreng.”Kalau ada masyarakat Passeloreng yang terkena dampak pembagunan bendungan bisa dipindahkan kesana,” tutupnya. (wan/wik)
Click to comment
To Top