Kandidat Pilwalkot Semarang Mulai Show Of Force – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kandidat Pilwalkot Semarang Mulai Show Of Force

SEMARANG, RAJA – Di hari pertama pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Semarang, para kandidat mulai pamer kekuatan atawa show of force. Kandidat dari PDIP Hendar Prihadi-Hevearita melakukan deklarasi malam tadi. Sementara pasangan Soemarmo-Zubair Syafawi menjadi peserta pertama yang mendaftar di KPU, sedang pasangan Sigit Ibnugroho dan Agus Sutyoso juga melakukan deklarasi sekaligus menerima rekomendasi dari partai politik.

Pemilihan Walikota Semarang memang dipastikan akan diikuti tiga pasangan calon. Ketiganya adalah incumbent Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti yang diusung PDIP, Nasdem dan Demokrat, kemudian pasangan Sigit Ibnugoroho-Agus Sutyoso yang diusung Gerindra, Golkar, PAN, dan PPP, serta pasangan Soemarmo-Zubair Syafawi yang membawa kendaraan partai PKS dan PKB.

Dukungan partai politik ini rata-rata turun pada detik-detik terakhir menjelang hari pertama pendaftaran di KPU kemarin.

Dukungan Demokrat ke pasangan Hendi-Ita tergolong mengejutkan, karena sebelumnya Demokrat masuk dalam Koalisi PKS dan Golkar (Tugu Muda). Ini berarti, Koalisi Tugu Muda pecah tiga, PKS mendukung Marmo-Zubair, Golkar ke pasangan Sigit-Agus, dan Demokrat ke Hendi-Ita.

Pasangan Marmo-Zubair memang mengejutkan karena sebelumnya belum pernah mewacana. Zubair sendiri merupakan kader dari PKS. “Untuk saat ini yang sudah clear PKB dan PKS, tidak menutup kemungkinan partai lain merapat,” kata Agung Budi Margono, Ketua DPD PKS Kota Semarang.

Sementara itu pasangan Sigit-Agus, berencana menggelar acara deklarasi pada hari ini dan baru mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Senin (27/7), sedangkan pasangan Hendi-Ita mendaftar besok, Selasa (28/7).

Sigit mengaku sudah mendapatkan surat rekomendasi dari empat partai. Dukungan dari empat partai ini membuat Sigit-Agus punya modal kekuatan politik berdasarakan Pemilu legislatif 2014 lalu, sebesar 36 persen. Yakni setara dengan 18 kursi di DPRD Kota Semarang. (ari-dbs)

loading...
Click to comment
To Top