Pemda Wajo Target Satu Juta Ton Gabah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemda Wajo Target Satu Juta Ton Gabah

FAJARONLINE, SENGKANG — Kabupaten Wajo mempunyai potensi pertanian yang cukup besar. Pemerintah Kabupaten Wajo pun menargetkan satu juta ton gabah tahun 2015.

Target itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 700 ton. Kabupaten Wajo sendiri mempunyai luas sawah sekira 109 ribu hektare. Dalam setahun potensinya bisa mencapai 150 ribu hektare sawah bisa dipanen. Untuk sawah berpengairan Kabupaten Wajo mempunyai 29 ribu hektare termasuk sawah yang menggunakan pompa.
“Kita diibaratkan telur mata sapi. Kita penghasil padi terbesar di Sulsel, tapi yng terkenal Sidrap. Padahal Sidrap membeli gabah di Wajo,” kata Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru saat menghadiri rapat koordinasi ketahanan pangan di Kantor PKK, Senin, 29 Juni.
Bagaimana Wajo bisa menjadi lumbung beras, kata bupati, salah satunya dengan membantu pengusaha penggiling padi. Supaya, tidak semua gabah dari Wajo ke luar ke daerah lain. Karena bila masih berbentuk gabah, hasilnya cuma hanya Rp1,7 triliun dengan hasil sawah. Berbeda bila sudah menjadi beras yang bisa menjadi Rp3 triliun.
“Pemerintah akan membentuk tim pemantau pengusaha penggiling padi. Bagaimana pengusaha penggiling padi diajarkan manajemen usaha, supaya gabah hasil sawah petani Wajo tidak lari ke daerah lain,” tegasnya. (wan/wik)
loading...
Click to comment
To Top