Tradisi Tukar Kue Lebaran di Hari Pertama Masuk di SDN Kowangan Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tradisi Tukar Kue Lebaran di Hari Pertama Masuk di SDN Kowangan Temanggung

TEMANGGUNG – Sebuah tradisi unik selalu dilakukan oleh keluarga besar Sekolah Dasar (SD) Negeri Kowangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, setiap hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang lebaran. Setelah halal bihalal para murid di SD tersebut saling bertukar kue lebaran bersama dengan teman dan guru mereka.
Dengan memakai baju muslim, pukul tujuh tepat murid dan guru SDN Kowangan berkumpul di halaman sekolah. Hari pertama masuk sekolah Senin (27/7) tadi pasca libur panjang lebaran memang tidak diisi dengan pelajaran. Ratusan murid bersama guru SD Kowangan bersalam salaman saling memaafkan.
Yang unik seusai bersalam-salam mereka langsung mengambil kue-kue lebaran yang sengaja dibawa dari rumah. Sekitar 380 murid berbaur bersama saling bertukar dan menyantap kue yang mereka bawa. Suasana pun terasa meriah ketika para murid saling berebut kue teman mereka.
“Rasanya senang sekali bisa berkumpul sama temen setelah libur panjang, apalagi hari ini bawa kue lebaraa dari rumah ditukar sama milik temen, terus dimakan bareng,” kata murid kelas enam Damai Harum Maharani.
Kepala SDN Kowangan Sri Laksitowati mengukapkan bahwa pada hari pertama sekolah ini memang sengaja tidak diadakan pengajaran. Namun diisi dengan kegiatan halal bihalal antar guru dan murid. Menurutnya, hal ini sudah menjadi semacam tradisi setelah berhalal bihalal murid-murid saling bertukar kue lebaran untuk kemudian disantap bersama.
“Tujuannya adalah untuk membina kebersamaan diantara teman-teman sekolah, dan juga menumbuhkan kepedulian sejak dini. Dengan tradisi ini kita sebagai guru juga ingin memberikan pendidikan karakter untuk berbagi kepada sesama,’’ katanya. (din)

loading...
Click to comment
To Top