Asik! Ada Rute KA Prameks Prembun-Solo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Asik! Ada Rute KA Prameks Prembun-Solo

PURWOKERTO, RAJA – PT Kereta Api Indonesia mempertahankan perpanjangan rute KA Prameks yang semula hanya dilakukan selama angkutan lebaran, kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.

“KA Prameks yang semula melayani rute Kutoarjo-Solo pergi pulang (pp), selama masa angkutan lebaran diperpanjang menjadi Prembun-Solo karena Stasiun Kutoarjo difokuskan untuk layanan KA jarak jauh,” katanya di Purwokerto, Senin.

Oleh karena potensi penumpang di daerah Prembun cukup besar, kata dia, keberadaan KA Prameks di Stasiun Prembun akan tetap dipertahankan meskipun masa angkutan lebaran berakhir pada 27 Juli 2015.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat Kabupaten Kebumen tetap bisa menikmati layanan KA Prameks dari Stasiun Prembun sehingga akan membantu efektivitas waktu dan biaya jika dibandingkan dengan naik dari Stasiun Kutoarjo yang letaknya lebih jauh. “Saat ini, rata-rata setiap hari ada sekitar 500-600 penumpang KA Prameks yang naik dari Stasiun Prembun. Bahkan, rata- rata ada 100-an calon penumpang yang tidak kebagian tiket setiap harinya,” kata Surono.

Menurut dia, tarif yang cukup terjangkau, kenyamanan ,serta waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan moda angkutan jalan raya diyakini menjadi daya tarik masyarakat di Prembun dan sekitarnya untuk menggunakan KA Prameks.

Ia mengatakan bahwa KA Prameks yang merupakan salah satu kereta api dengan fasilitas subsidi tarif “public service obligation” (PSO). “Tarif KA Prameks dari Stasiun Prembun hanya sebesar Rp15.000. Sementara waktu tempuh Prembun-Yogyakarta hanya satu jam 20 menit dan Prembun-Solo hanya dua jam 50 menit,” katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini ada tiga kali jadwal pemberangkatan KA Prameks dari Stasiun Prembun, masing-masing KA Prameks I berangkat pada pukul 06.00 WIB, KA Prameks II berangkat pukul 08.35 WIB, dan KA Prameks III berangkat pukul 19.05 WIB.

Sementara untuk kedatangan KA Prameks di Stasiun Prembun, yakni KA Pramneks I pukul 05.49 WIB, KA Prameks II pukul 07.57 WIB, dan KA Prameks III pukul 18.45 WIB. “Dengan tetap dipertahankannya rute KA Prameks dari Stasiun Prembun diharapkan akan dapat membantu kemudahan transportasi masyarakat di Kabupaten Kebumen serta peningkatan perekonomian di daerah Prembun,” katanya. (In)

loading...
Click to comment
To Top