Di Manado, PAN dan Golkar Dukung Mantan Koruptor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Di Manado, PAN dan Golkar Dukung Mantan Koruptor

JAKARTA-Tiga partai politik yakni PAN, Golkar dan Hanura mengusung mantan koruptor Jimmy Riba Rogi sebagai calon walikota Manado yang diduetkan dengan Boby Daud pada Pilkada Kota Manado 2015.

Dukungan yang diberikan kepada Jimmy menuai kecaman. Bahkan ketiga parpol tersebut dinilai sebagai partai tak bermoral dan pragmatis.

Terkait penilaian minor tersebut  Sekjen PAN Eddy Soeparno angkat bicara. Dia menegaskan kalau alasan partainya mendukung Jimmy dikarenakan yang bersangkutan sudah kapok dengan korupsi dan tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Seseorang yang sudah merasakan getirnya kehidupan di LP tentu akan berbuat segala sesuatu agar tidak mengulangi lagi lembaran kelam dalam kehidupannya,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno lewat pesan singkat, Selasa (28/7).

Tak itu saja, sosok Jimmy menurut Eddy adalah sosok yang tegas dan visioner. Sosok seperti itu yang dibutuhkan dalam membangun Kota Manado.

“Dia menjadi pilihan kami karena visi dan aspek kepemimpinannya yang kuat,” tegasnya.

Sementara itu Bendahara Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengatakan Partai Golkar mengusung eks napi korupsi, Jimmy Rimba Rogi dalam Pilwalkot Manado karena berdasarkan survei, Jimmy memiliki elaktabitas yang tinggi.

“Benar Imba kami calonkan. Pertimbangan khusus nggak ada, yang penting berdasarkan hasil survei dan peninjauan ke sana memang elektabilitasnya tinggi,” ujar Bambang.

Selain itu MK juga telah merestui mantan napi maju Pilkada. Selama tidak ada putusan hakim yang mencabut hak konstitusional napi tersebut tetap bisa dicalonkan di Pilkada.

“Karena UU yang membatasi seseorang calon napi sudah tidak ada lagi ya tidak ada salahnya lagi Golkar memberikan dukungan toh yang bersangkutan sudah insaf,” kata Bambang.

Bambang justru menegaskan sosok Jimmy justru lebih baik dari orang-orang yang hanya berlagak baik.

“Justru orang-orang seperti ini yang biasanya lebih bagus daripada yang belagak baik. Kan dia harus menunjukkan bahwa dia baik, itulah yang akan mendorong yang bersangkutan mempertaruhkan dirinya,” pungkasnya.

Seperti diketahui mantan narapidana korupsi, Jimmy Rimba Rogi (Imba) mencalonkan diri sebagai walikota Manado di Pilkada 2015. Jimmy diusung oleh PAN, Partai Golkar dan Hanura dan berpasangan dengan Boby Daud.

Imba tersandung kasus korupsi ketika masih menjabat sebagai walikota Manado. Pada tahun 2009, dia divonis bersalah setelah terbukti melakukan penyelewengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Manado. Imba dituduh telah memperkaya diri sendiri dengan menggunakan anggaran daerah Kota Manado sepanjang tahun 2006-2007. Akibat perbuatan terdakwa negara dirugikan sebesar Rp 68,837 miliar. [rus]

loading...
Click to comment
To Top