Hari Ini, Tasdi Daftar ke KPU? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Hari Ini, Tasdi Daftar ke KPU?

PURBALINGGA, RAJA – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purbalingga Sri Wahyuni mengatakan pada hari pertama pendaftaran belum ada pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar sebagai peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat.

“Belum ada pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar. Pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dibuka hingga hari Selasa (28/7),” katanya di Purbalingga, kemarin.

Bahkan, kata dia, hingga saat ini belum ada satupun partai politik (parpol) yang berkonsultasi dengan KPU Purbalingga terkait pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati. Kendati demikian, pihaknya masih akan menunggu hingga batas akhir pendaftaran pada hari Selasa (28/7).

Lebih lanjut, Sri Wahyuni mengatakan bahwa pihaknya pada hari Minggu (26/7) menerima surat dari KPU Republik Indonesia bernomor 403/KPU/VII/2015 tertanggal 25 Juli. “Dari lima poin dalam surat itu, ada dua poin penting yang harus segera disosialisasikan, salah satunya jika hingga hari terakhir pendaftaran, Selasa (28/7), belum ada yang mendaftar atau hanya ada satu pasangan bakal calon yang mendaftar, maka pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati diperpanjang selama tiga hari,” katanya.

Ia mengatakan bahwa poin penting lainnya, yakni sebelum perpanjangan masa pendaftaran akan diawali dengan sosialisasi selama tiga hari setelah berakhirnya masa pendaftaran, yakni pada hari Rabu (29/7) hingga Jumat (31/7).

Menurut dia, sosialisasi tersebut ditujukan untuk menginformasikan kepada masyarakat dan parpol jika sampai batas akhir masa pendaftaran hanya ada satu pasangan bakal calon atau tidak ada pasangan bakal calon yang mendaftar.

Dengan demikian, kata dia, dapat memberikan waktu kembali kepada parpol atau gabungan parpol atau pasangan bakal calon perseorangan yang telah mengikuti masa penelitian dokumen untuk mendaftarkan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ke KPU. “Setelah masa sosialisasi selesai, KPU akan membuka kembali pendaftaran selama tiga hari, yakni pada tanggal 1-3 Agustus,” katanya.

Informasi yang dihimpun, hingga Minggu (26/7) malam baru ada satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan mendaftar ke KPU Purbalingga pada hari Selasa (28/7), yakni Tasdi dan Dyah Hayuning Pratiwi yang diusung oleh PDIP, Partai Gerindra, PAN, dan PKS. (IN)

loading...
Click to comment
To Top