Ini Muktamar NU Atau Partai? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Muktamar NU Atau Partai?

PEKALONGAN, RAJA – Ulama thoriqoh NU yang tergabung dalam Jam’iyyah Ahlut Thoriqoh Al-Mu’Tabaroh An-Nahdlyiiyah (JATMAN) pimpinan KH. Habib Luthfi Ali Bin Yahya menyatakan keprihatinan terhadap kondisi NU sekarang, terutama dari sisi aqidah (ideologi), amaliyah (amalan) dan perilaku jam’iyyah (organisasi) ke-NU-an.

Keprihatian tersebut disampaikan Ketua Umum Idaroh Aliyah (Pusat) JATMAN KH. Abdul Mu’thy Nurhadi kepada wartawan Senin (26/7). “Ini titipan dari Habib Luthfiy. Jamaah NU terbanyak ada di JATMAN. Kalau NU ada apa-apa maka akan terasa sekali oleh kami, termasuk dalam kaca mata batin,” ungkapnya.

Menurutnya, sekarang ini NU dikendalikan oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Antara lain, tampak dari pemaksaan mekanisme ahlul halli wal aqdi (AHWA) melalui surat edaran bagi peserta muktamar NU. Di situ ada penyebutan nama-nama ulama yang dikatakan sebagai calon anggota AHWA dan pada saat yang sama mendiskreditkan ulama lain secara subyektif. Bahkan suasana Muktamar NU tidak menampakkan ke-NU-annya karena banyak ditumpangi kepentingan, termasuk partai politik tertentu. “Sampai muncul pertanyaan, ini muktamar NU atau muktamar partai,” tegasnya.

Melihat kondisi ini, JATMAN kembali menegaskan mendukung KH. Hasyim Muzadi terpilih sebagai Rois Aam sekaligus mendorong dan wanti-wanti jamaah thaoriqoh yang jadi pengurus NU agar tepat memilih KH. Hasyim. “Penegasan Habib Luthfiy, tokoh yang yang bisa mengembalikan serta menyelamatkan NU dan punya ilmunya untuk itu adaah KH. Hasyim. Maka wajib hukumnya memilih ke KH. Hasyim,” paparnya.

Ditambahkannya, kondisi NU saat ini kalau dibiarkan akan berpengaruh pada kondisi NU ke depan. Karena kalau kondisi sekarang saja begini, bagaimana kondisi NU nanti. “Semoga mendapat ridho. Semoga KH. Hasyim menjadiRois Am. Kami ulama thariqoh optimis, kita mantap dan berjuang agar tercapai dengan ikhtiar kita dzaahiran (secara lahir) dan baatinan (secara batin). Insyaallah,” pungkasnya. (RM)

To Top