IPA Mamminasata Butuh Rp1 Triliun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

IPA Mamminasata Butuh Rp1 Triliun

FAJARONLINE, MAKASSAR — Pengerjaan proyek instanlasi pengelolaan air (IPA) Mamminasata masih lama. Diperkirakan, proyek untuk menopang air baku PDAM Maros, Makassar, Gowa dan Takalar itu bisa dimulai 2017 mendatang.  Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Mamminasata, Zulkarnain Kitta menyebutkan, hingga rampung proyek itu diperkirakan membutuhkan anggaran Rp1 triliun.

Proyek itu mengelola air baku sebanyak 3.000-an liter per detik. Pembagiannya, 600 liter air dialirkan ke Makassar, Gowa 200 liter per detik, Maros 130 liter per detik, dan Takalar 70 liter per detik. “Anggarannya sudah masuk perencanaan anggaran Bappenas,”  ujar  Zulkarnain di Makassar, Selasa 28 Juli.

Tahun ini, Pemprov Sulsel  fokus merampungkan pembebasan lahan. Bagian ini diperkirakan memakan waktu setahun. Selanjutnya, tahun depan masuk feasibility studi dan penyusunan Detail Engineering Design (DED). Sebelumnya Sekprov Sulsel, Abdul Latif menggelar rapat pembebasan lahan di ruang kerjanya. Rapat tertutup tersebut diikuti stekeholder terkait.

Latif yang ditemui seusai rapat mengaku optimistis bisa merampungkan lahan tahun ini, apalagi pembebasannya cukup mudah. “Dari empat hektare lahan yang kita butuhkan, hanya ada delapan orang pemiliknya. Nanti tim akan turun melakukan pemantauan, baru masuk proses tender appraisal dan sebagainya,” kata  Latif.

Dia berharap setelah lahan IPA bisa dirampungkan, maka empat daerah yang akan menerima manfaat IPA sudah bisa berpikir menyelesaikan lahan aliran pipa induk. Tentu sesuai bagian masing-masing. “IPA itu sangat bermanfaat. Kebutuhan air baku PDAM Makassar masih minim. Begitu pun tiga daerah lainnya. Apalagi penduduk makin banyak, makanya proyek itu harus kita realisasikan,” demikian Latief. (iad)

loading...
Click to comment
To Top