Jika Hanya Satu Pasangan, Masa Pendaftaran Kandidat Bisa Diperpanjang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Jika Hanya Satu Pasangan, Masa Pendaftaran Kandidat Bisa Diperpanjang

FAJARONLINE, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mengungkapkan bahwa jadwal pendaftaran kandidat yang berakhir hari ini, masih bisa diperpanjang. Kendatinya, penambahan tersebut jika dalam satu daerah hanya diikuti satu pasangan calon.

Ketua KPU Suls Iqbal Latief menguntruksikan ke penyelenggara ditingkat kabupaten bahwa bisa memperpanjang masa pendafaran bakal calon bupati melebihi jadwal yang ditetapkan, yakni 26-28 Juli. Itu sampai Selasa 28 juli, jika ada daerah yang hanya diisi oleh satu pasangan pendafar.

“Itu sudah dalam diatur dalam UU. Bahwa berdasarkan Peraturan KPU, masa pendaftaran bisa diperpanjang sampai 3 Agustus,” katanya kepada FAJAR, 28 juli.

Meski begitu, sejauh ini Iqbal merasa pedaftaran di sebelas daerah di Sulsel kemungkinan masing-masing akan diramaikan lebih dari satu pendaftar. “KPUD masih melakukan pendaftaran, kita tunggu dulu secara administrasi langsung,”‘ungkapnya.

Iqbal menjelaskan bahwa KPU telah mempersiapkan kemungkinan bila pilkada sepi pendaftar. Jika sampai tambahan waktu kelak tetap tidak ada tambahan pendaftar, maka pilkada untuk daerah tersebut akan diundur ke pilkada seretak tahap dua di tahun 2017. Adapun posisi kepala daerah yang telah berakhir masa jabatannya, diisi oleh caretaker yang ditunjuk Gubernur.

Berdasarkan pantauan pada hari pertama dan kedua masa pendaftaran, belum semua kandidat usungan partai politik melapor ke KPU Daerah. Iqbal memperkirakan pendaftar ramai pada hari terakhir Selasa (hari ini, red) setelah semua partai politik merampungkan berkas rekomendasi resminya. “Buktinya masih ada parpol yang belum keluarkan rekomendasinya,” sebutnya.

Sementara, Ketua KPUD Bulukumba Azikin Patedduri menyebutkan sampai sekarang telah menerima berkas pendaftaran dari tiga pasangan kandidat. Masing-masing dari kandidat usungan parpol AM Sukri Sappewali – Tomi Satria dan Andi Masykur Sultan – Andi Edi Manaf. Satu lainnya dari kandidat independen, Sukma Nuraini – Abdul Hakim.

Azikin menyebutkan bahwa di Bulukumba, ada enam pasangan kandidat dipastikan berhak mengikuti pilkada. Azikin mengatakan masing-masing telah mengkonfirmasi kedatangannya ke KPU, dengan memilih waktu berbeda-beda. “Mereka sudah menghubungi secara lisan. Siap mendaftar sebelum masanya ditutup,” katanya, saat ditemui di sela-sela acara pendaftaran kandidat, kemarin. (taq)

loading...
Click to comment
To Top