Menteri Arman Janjikan Rp19 M Bangun Embung di Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menteri Arman Janjikan Rp19 M Bangun Embung di Temanggung

TEMANGGUNG, RAJA – Menteri Pertanian (Mentan) Arman Sulaiman menjanjikan dana Rp19 milyar untuk pembangunan embung di Kabupaten Temanggung. Pembangunan embung ditujukan membantu masalah kekeringan di lahan pertanian menginjak musim kering seperti sekarang ini.

Janji kuncuran dana tersebut disampaikan langsung oleh Mentan saat mengunjungi Embung Tlogopucang di Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Selasa (28/7) kemarin.
“Saat ini ada sekitar 3,3 juta hektar sawah tadah hujan dari total 8,61 juta hektar luas seluruh sawah di Indonesia. Kita telah meminta anggaran sebesar Rp15 triliun untuk irigasi primer maupun sekunder, Rp2 triliun kita gunakan untuk membangun embung di daerah endimis kekeringan dan sawah tadah hujan,” terangnya.
Mentan menambahkan khusus untuk Kabupaten Temanggung akan diberikan dana sebesar Rp19 miliar untuk mengatasi permasalahan lahan atau sawah tadah hujan. Dana tersebut diprioritaskan untuk membangun embung seperti Embung Tlogopucang.
“Selain embung kita juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk mengatasi permasalahan kekeringan, diantaranya dengan membangun irigasi, sumur dangkal, pemberian alsintan, dan penambahan bantuan mesin mesin pompa air ke seluruh Indonesia. Kesemuanya itu dilakukan untuk meningkatkan produktifitas lahan pertanian khususnya persawahan dimusim kering,” katanya.
Mentan mengklaim langkah-langkah yang ditempuh tersebut ternyata mampu menyelematkan ratusan hektar lahan pertanian.
“Sebagai skala perbandingan di bulan Oktober sampai Juli tahun lalu ada sekitar 159 ribu hektar gagal panen, namun untuk tahun ini pada yang periode yang sama hanya ada sekitar 52 ribu hektar yang gagal panen. Jadi ada 100 ribu hektar lebih yang terselamatkan,” pungkasnya. (din)

To Top