Sarpin: Saya Sudah Clear di MA, KY Lampaui Kewenangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sarpin: Saya Sudah Clear di MA, KY Lampaui Kewenangan

JAKARTA-Selain dilaporkan ke Komisi Yudisial (KY), Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi juga mengadukan hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) Sarpin Rizaldi ke Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung (MA).

Beberapa waktu lalu, Ketua MA Hatta Ali membenarkan adanya pemanggilan terhadap Sarpin, namun pertemuan dilakukan tertutup tanpa diketahui media.

Saat ditemui di PN Jaksel, Sarpin pun membeberkan isi pertemuannya dalam pemanggilan itu. Sarpin mengaku hanya menjawab beberapa hal yang ditanyakan Bawas MA terkait putusannya dalam praperadilan Budi Gunawan.

Namun, dalam pemeriksaan tersebut Bawas tidak menemukan adanya kesalahan prosedur teknis dalam praperadilan.

“Saya ditanya, kira-kira teknis apa yang saya salah lakukan. Kemudian saya tanyakan balik, saya merasa tidak salah, maka hakimnya putuskan sudah clear,” kata Sarpin kepada wartawan di PN Jaksel, Senin (27/7).

Makanya dia heran dengan KY yang sebenarnya tidak berwenang untuk menilai putusan hakim. UU mengenai kekuasaan kehakiman telah mengatur bahwa hakim dijamin kebebasannya dalam memutus perkara. Terlebih lagi, kewenangan KY hanya terbatas pada pelanggaran kode etik hakim.

Tak hanya itu, Sarpin pun mempertanyakan kebenaran rekomendasi sanksi yang dikeluarkan KY. Sebab, sampai hari ini Sarpin mengatakan tidak pernah diberikan salinan putusan hasil rapat pleno KY.

“Malah berdasarkan informasi dari Juru Bicara MA, rekomendasi tersebut belum juga sampai ke Pimpinan MA. Ini kan aneh,” tegas Sarpin.

Atas dasar fakta-fakta itu, Sarpin pun memutuskan untuk tidak mencabut laporannya terhadap dua komisoner KY ke bareskrim polri. Bahkan Sarpin pun enggan memaafkan Suparman Marzuki dan Taufiqurrahmah Syahuri. Menurutnya, atas nama sakit hati yang mendalam, biarkan hukum yang membereskan. [sam]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top