Unhas-AIPI Gelar Seminar “Bangkitkan Budaya Ilmiah” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Unhas-AIPI Gelar Seminar “Bangkitkan Budaya Ilmiah”

MAKASSAR, FAJARONLINE–Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) akan menggelar seminar nasional bertajuk “Membangkitkan budaya ilmiah dan budaya unggul Indonesia,”, Kamis 30 Juli di Baruga AP Pettarani Unhas.

Seminar ini akan menghadirkan pembicara kaliber dunia antara lain, Dr Bruce Alberts, Prof Emil Salim (ilmuan senior AIPI), Prof Sangkot Marzuki, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu (Rektor Unhas) dan Prof Jamaluddin Jompa (Akademi Ilmuan Muda Indonesia/Dekan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Unhas).

Ketua panitia seminar, Sudirman Nasir membeberkan, kelima pembicara membahas tema berbeda. Prof Dr Bruce Alberts, yang merupakan utusan khusus Presiden Barack Obama untuk sains akan membahas peranan ilmuan muda dunia dalam mempromosikan budaya dunia dan buday unggul. Sedangkan Prof Emil Salim mengulas peranan sains dan teknologi dan upaya mendorong kemajuan bangsa. Tiga pembicara lagi yakni, Prof Dwia akan membahas peranan pendidikan tinggi dalam mengembangkan budaya ilmiah dan budaya unggul. Prof Sangkot Marzuki akan memaparkan masalah-masalah yang menghambat pengembangan sains dan solusi yang ditawarkan AIPI. Sedangkan Prof Jamaluddin Jompa membahas peranan ilmuan muda Indonesia dalam mempromosikan budaya unggul.

“Seminar ditargetkan diikuti sekitar 1.500 peserta. Awalnya, acara akan digelar di Baruga Ahmad Amiruddin, namun karena peminat membeludak akhirnya dipindahkan ke Baruga AP Pettarani yang berkapasitas lebih besar,” beber Sudirman Nasir saat kunjungan redaksi, Selasa 28 Juli.

Sementara itu, selaku pengagas even, Prof Jamaluddin Jompa mengharapkan, kegiatan ini menjadi momentum awal membangkitkan budaya ilmiah dan budaya sains di kalangan muda. Tidak saja di lingkungan kampus, budaya ilmiah dan sains itu diharapkan juga menjalar ke birokrasi pemerintahan dan membawa efek langsung ke masyarakat. “Kita harapnya seperti itu. Ini momentum langka karena ada pembicara yang sangat konsen dengan budaya ilmiah,” beber Prof Jamaluddin sembari menambahkan jika AIPI sebagai lembaga yang sangat peduli dengan masalah keilmuan dan kepemudaan akan terus menggelorakan semangat tersebut. (aci)

loading...
Click to comment
To Top