Golkar Jadi Penonton di Daerah Basis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Golkar Jadi Penonton di Daerah Basis

FAJARONLINE, MAKASSAR — Dualisme kepengurusan membawa Partai Golkar ke titik nadir. Tak ada lagi kekuatan besar di Sulsel sebagai salah satu basis. Salah satu partai tertua itu hanya menjadi penonton di beberapa pilkada.

Ironis, Partai Golkar tak dapat mengusung calon di beberapa pilkada seperti di Kabupaten Gowa, Luwu Utara, Luwu Timur, Pangkep, dan Maros. Calon yang digadang-gadang akan mengendarai partai berlambang beringin rimbun itu ditolak KPU karena tidak menyerahkan surat rekomendasi dari kepengurusan kubu Aburizal Bakrie (ARB) maupun Agung Laksono.

Kondisi itu antara lain terjadi di Kabupaten Gowa. Setelah tak merekomendasikan Ketua DPD II Golkar Gowa, Tenri Olle Yasin Limpo, Golkar malah menunjuk pasangan calon Sjahrir Syafruddin Dg Jarung-Anwar Usman.

Namun, hingga pukul 00.00 Wita, Daeng Jarung hanya menyerahkan surat rekomendasi dari kubu Agung Laksono tanpa kubu ARB, sehingga KPU Gowa menyatakan berkasnya tidak memenuhi syarat pencalonan. Pendaftaran mereka gugur.

“Hingga pukul 00.00 Wita, syarat tidak dipenuhi hingga masa (toleransi) berakhir. Ia hanya membawa dukungan satu pihak dari kubu Agung Laksono,” ujar Ketua KPU Gowa, Zainal Ruma, malam tadi. (nur-zuk/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 29 Juli 2015

loading...
Click to comment
To Top