DPR Mencak-Mencak Karena Pertanian Rusak. Pemerintah Harus Tanggung Jawab – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

DPR Mencak-Mencak Karena Pertanian Rusak. Pemerintah Harus Tanggung Jawab

JAKARTA- Kekeringan yang melanda lahan pertanian di beberapa daerah Indonesia berpotensi menurunkan target panen raya pada Agustus 2015 mendatang.

Anggota Komisi IV DPR RI, Zainut Tauhid Sa’adi menilai potensi gagal panen akibat kekeringan semestinya bisa teratasi jika Kementrian Pertanian memberikan informasi mengenai perubahan iklim serta proses tanam.

“Artinya pemerintah bisa mengantisipasi kekeringan ini dengan memberi informasi tentang perubahan iklim, masa tanam dan pola tanam. Ini yang diharapkan, antisipasi yang baik,” ujar Zainut saat dihubungi, Rabu (29/7).

Politisi PPP ini menambahkan bencana kekeringan yang melanda Indonesia bukanlah menjadi sebuah alasan untuk pemerintah melakukan impor beras.

“Jangan nanti solusi impor lagi. Kalau solusinya impor beras artinya ketahan pangan kita masih sangat lemah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zainut mengatakan bencana kekeringan yang melanda Indonesia saat ini akan menjadi bahan evaluasi DPR untuk Kementrian Pertanian pada rapat kerja usai reses nanti.

Dikesempatan yang berbeda, Ketua Komisi IV Edhy Prabowo mengatakan, beberapa daerah di wilayah Indonesia Timur menjadi perhatian khusus DPR dan pemerintah. Daerah tersebut telah dikategorikan sebagai daerah paling parah mengalami kekeringan.

Meski demikian, politisi Gerindra itu menjelaskan saat ini Kementrian Pertanian telah menyediakan pompa untuk membantu pengairan lahan pertanian.

“Di Nusa Tenggara Timur sesuai laporan Menteri Pertanian (Amran Sulaiman) sudah diberi pompa,” tutup Edhy. [rus]

loading...
Click to comment
To Top