Pedagang Muntilan Disiapkan Pasar Tampungan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pedagang Muntilan Disiapkan Pasar Tampungan

MAGELANG, RAJA – Pemkab Magelang kini tengah menyiapkan dokumen lelang pembangunan pasar penampungan untuk pedagang Pasar Muntilan yang akan dibangun 2017 mendatang. Sesuai rencana, lelang baru akan dilakukan awal Agustus ini. Untuk lokasi pasar penampungan, tetap di tanah bengkok Kepala Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan.

“Kalau tidak ada halangan, pembangunan pasar tampungan baru bisa dilaksanakan akhir Agustus besok. Saat ini, kami baru menyiapkan dokumen lelang,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, Selasa (28/7).

Untuk lokasi pasar penampungan akan menempati lahan seluas 1,5 hektar. Untuk sewanya, lebih dari Rp 300 juta dan dibayar per tahun dengan nominal Rp 100 juta, sedangkan biaya untuk membangun penampungan sementara para pedagang, Pemkab Magelang menganggarkan dana sekitar Rp8,3 miliar.

Bangunan itu nantinya diprioritaskan bagi pedagang yang memiliki SKHPTD (Surat Keterangan Hak Pakai Tempat Dasaran). “Pembangunan pasar Muntilan permanen dilaksanakan pada tahun 2016. Jangka waktu pembangunan dijadwalkan selama 3 tahun,” kata Asfuri.

Sementara Konsultan Perencana dari CV Tata Nusa, Dani Bayu W mengatakan, konsep pasar yang akan dibangun nantinya, yakni berupa pasar tradisional namun sehat. Sejumlah bangunan tambahan akan dibuat untuk menunjang konsep sehat tersebut, antara lain ruang kesehatan, ruang ibu menyusui, ruang rokok, ruang rapat khusus paguyuban, dan beberapa lainnya. “Intinya kita akan mengakomodir ruang-ruang publik dengan desain pasar sehat,” imbuhnya. (*)

Click to comment
To Top