Terbaru, 15 Daerah ini Terancam Batal Gelar Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Terbaru, 15 Daerah ini Terancam Batal Gelar Pilkada

JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 14 daerah baru memiliki satu pasangan calon kepala daerah.

Hasil rekapitulasi hingga Rabu malam (29/7) pukul 19.30 WIB terdapat tambahan tiga daerah yang baru ada satu pasangan calon, yaitu Kota Tidore Kepulauan (Maluku Utara), Kabupaten Sorong Selatan (Papua Barat), dan Kabupaten Pegunungan Arfak (Papua Barat).

“Jumlah daerah yang hanya satu pasangan calon mendaftar ada 14.  Sedangkan satu yang tidak ada pasangan calon mendaftar yaitu di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” kata anggota KPU Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Dengan begitu, KPU membuka kembali masa pendaftaran di 14 daerah dengan satu pasangan calon dan satu daerah yang tidak ada peminatnya pada 1-3 Agustus nanti.

“Ada 15 daerah yang memerlukan perpanjangan masa pendaftaran,” kata Arief.

Tidak menutup kemungkinan terdapat 15 daerah yang batal menggelar proses pergantian pemimpin pada 9 Desember nanti lantaran hanya diikuti satu pasangan calon. Sebab, sesuai Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2015, daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon harus menunda pelaksanaan pilkada hingga 2017 mendatang.

Karena itu, KPU mengimbau semua pihak terutama partai politik dapat mengusung pencalonan kepala daerah.

“Harus didukung supaya parpol ada yang daftar di 15 daerah itu, supaya tidak ada penundaan,” tegas Arief.

Adapun, 11 daerah yang baru memiliki satu pasangan calon yaitu Kabupaten Asahan, Kabupaten Serang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Mataram, Kota Samarinda, dan Kabupaten Timur Tengah Utara.[dem]

loading...
Click to comment
To Top