103 Caping di Perpisahan Rudy – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

103 Caping di Perpisahan Rudy

SOLO, RAJA – Ada yang lain dalam upacara perpisahan mantan walikota Solo, Fx Hadi Rudyatmo Selasa (28/7).

Pagi itu ada 103 caping yang disematkan Rudy pada pejabat pemerintahan maupun BUMD di Kota Solo. Dia berharap filosofi caping dapat diresapi PNS dalam pelayanan sepeninggalnya. “Pelayanan hendaknya dilakukan dari hal terkecil.”

Seorang petugas kebersihan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Suyatno, 48, menilai sosok Rudy sebagai pemimpin yang ramah dan sederhana. Dia sering melihat Rudy menyapa petugas kebersihan saat bertugas. “Dengan lambaian tangan dan senyum, saya merasa diuwongke,” tutur PNS golongan I tersebut.

Seniman di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari, Agus Prasetyo, menilai sosok Rudy-Purnomo sebagai perpaduan Werkudara dan Kresna. Rudy, menurut Agus, identik dengan Werkudara yang memiliki sikap jujur dan pemberani. “Sedangkan Pak Pur berlaku seperti Kresna dengan kebijaksanaannya.”

Sekda, Budi Suharto, sempat berujar Rudy-Purnomo terlalu sabar dan baik dalam memimpin birokrasi di Solo. Ia mengaku sering dikritik PNS karena bertindak lebih tegas dibanding Wali Kota. “Kadang ada yang bilang, wong Pak Waline ra apa-apa, Sekdane pecicilan,” ujarnya sambil terkekeh.

Dia berpesan pada pasangan agar lebih “galak” jika terpilih lagi memimpin Kota Bengawan. Dalam kesempatan itu, PNS turut memberi kenang-kenangan berupa lukisan karikatur bergambar Rudy-Purnomo. Lukisan dengan latar rumah deret Keprabon itu digambar seniman kembar, Setiyono-Setiyadi. (SP)

loading...
Click to comment
To Top