Alasan Keamanan, Festival Balon Udara Ditiadakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Alasan Keamanan, Festival Balon Udara Ditiadakan

WONOSOBO, RAJA – Pemerintah melalui Panitia Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Wonosobo dan seluruh peserta Festival Balon Udara atas dibatalkannya Festival Balon Udara dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-190, yang sedianya akan dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Agustus 2015. Demikian disampaikan Sekretaris Panitia Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo, Drs. Tri Antoro, M.Si, saat bertemu dengan peserta festival balon udara, bertempat di Ruang KRT. Mangoenkoesoemo Setda Wonosobo, Selasa (28/7).

Menurut Tri Antoro, keputusan pembatalan Festival Balon Udara harus diambil dan disampaikan kepada masyarakat dan seluruh peserta meski dengan berat hati. Keputusan ini diambil setelah Panitia Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo mengadakan rapat koordinasi dengan Asisten Pemerintahan, Wakapolres Wonosobo, Kasat Intelkam Polres Wonosobo, PLN Wonosobo, Kabag Komtel Setda Wonosobo, Kabag Pemerintahan Setda Wonosobo, dan Event Organizer Festival Balon Tradisional pada Senin (27/7) lalu. Diharapkan dengan pembatalan ini masyarakat dan seluruh peserta berbesar hati dan mau menerima. “Semua itu dilakukan demi keamanan bersama,” katanya.

Asisiten Perekonomian Sekda Wonosobo, Drs. Amin Suradi, M.Si, juga menyampaikan bahwa pembatalan ini dilaksanakan guna menindaklanjuti perintah lisan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Ditjen Perhubungan Udara, Gubernur Jawa Tengah serta Kapolda Jawa Tengah pada hari Jumat, 24 Juli 2015 serta beberapa surat yang ditujukan kepada Bupati Wonosobo meliputi; Surat Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III tanggal 15 Juli 2015 Perihal Peraturan Penerbangan Balon Udara Bebas Tanpa Awak, Surat Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III tanggal 18 Juli 2015 Perihal Pelarangan Penerbangan Balon Hias, dan Surat District Manager AirNav Indonesia tanggal 24 Juli 2015 Perihal Pelarangan Penerbangan Balon Hias/Lampion, Panitia Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo tidak diperkenankan untuk melaksanakan kegiatan Festival Balon Udara.

Selan i tu, kata Amin Suradi, Kepolisian Resort Wonosobo tidak memberikan rekomendasi kegiatan Festival Balon Tradisional dalam rangka Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo. Sehingga Panitia Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo membatalkan pelaksanaan Festival Balon Tradisinal yang rencananya akan dilaksanakan di Stadion Kalianget.

Dan mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara bebas tanpa awak yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan, jaringan listrik dan keselamatan umum. (wsb)

Click to comment
To Top