Blangko Habis, Pemohon e-KTP di Temanggung Diberi Suket – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Blangko Habis, Pemohon e-KTP di Temanggung Diberi Suket

TEMANGGUNG – Ribuan pemohon e-KTP di Kabupaten Temanggung saat ini tidak bisa mendapatkan e-KTP karena kosongnya blangko yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Temanggung. Ribuan pemohon untuk sementara hanya diberi surat keterangan (suket) perekaman data.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Temanggung, Agus Wahyudi yang ditemui Rakyat Jateng membenarkan bahwa sejak bulan Mei lalu, Disdukcapil sudah kekurangan blanko e-KTP. Bahkan, bulan ini kosong sama sekali. Akibatnya tentu pihaknya tidak bisa melayani pembuatan e-KTP.
“Proses lelang dan pencetakan blanko e-KTP itu berasal dari pusat, nampaknya untuk tahun ini pusat agak terlambat dalam pelelangan dampaknya droping blanko ke daerah jadi terlambat,“ terangnya.
Agus menambahkan, di tahun 2015 ini pihaknya hanya mendapat jatah 5000 blangko. Jumlah itu tentu tidak cukup untuk memenuhi permintaan e-KTP. Hal ini diperparah dengan meningkatnya permohonan e-KTP semenjak bulan puasa hingga habis lebaran ini. Dalam sehari, permintaan e-KTP bisa mencapai 100 hingga 150. Jadi, akhir Agustus ini sudah sekitar 6000 pemohon e-KTP yang tidak terlayani.
“Langkah antisipasinya adalah kita memberikan surat keterangan (suket) perekaman data. Fungsi surat keterangan tersebut sama dengan e-KTP pada umumnya. Kita sudah melayangkan surat-surat kepada pihak yang bersangkutan, semisal perbankan atau kepolisian agar masyarakat bisa tetap menggunakan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP,” katanya.
Ia mengakui belum tahu sampai kapan blangko akan terisi. Hingga kini pusat belum memberikan keterangan kapan blangko e-KTP akan dikirim ke daerah. Namun kondisi ini tidak hanya dialami oleh Kabupaten Temanggung saja, kabupaten dan kota di Jawa Tengah juga mengalami hal sama.
Sementara komentar kekecewaan muncul dari warga. Heri (23), warga Kaloran yang bekerja di Tangerang mengaku sengaja meluangkan waktu untuk membuat e-KTP, namun karena blangko habis hanya diberi surat keterangan.
“KTP kan sekarang vital sekali untuk bisa mengurus apa saja. Apalagi saat ini kan lagi banyak banyak operasi yustisi. Harapan saya surat keterangan ini bisa benar-benar berlaku di mana saja seperti di Temanggung,” ungkapnya. (din)

loading...
Click to comment
To Top