Buang Sampah Sembarangan? Bakal Dipenjarakan dan Fotomu Dipajang di Papan Iklan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Buang Sampah Sembarangan? Bakal Dipenjarakan dan Fotomu Dipajang di Papan Iklan

MONTERREY – Pemerintahan San Nicolas de los Garza, sebuah kota di pinggiran Monterrey, Meksiko menerapkan aturan supertegas untuk warganya yang membuang sampah sembarangan.

Langkah yang diambil adalah mengirim warga tersebut ke penjara. Tak cukup sampai di sana, pesakitan itu juga kemudian fotonya dipasang di billboard disertai tulisan: ditahan karena bersikap seperti babi.

Aturan tersebut pertama kali ditegakkan pada Rabu (29/7). Di sebuah titik keramaian, terdapat billboard dengan foto seorang pria botak dipampang di jalanan.

Dia dijatuhkan hukuman karena tertangkap sudah tiga kali membuang sampah sembarangan. Mereka juga akan menghadapi denda dan penahanan administratif di kantor polisi.

“Mereka akan dihukum dengan memasang gambar mereka disertai nama lengkap di papan pengumuman,” ujar Wali Kota San Nicolas de los Garza, Pedro Salgado, seperti dikutip dari AFP, Kamis (30/7).

Di Meksiko, semua pemerintah daerah mengoperasikan truk-truk sampah pada pagi hari. Petugas membunyikan sirene pertanda saatnya warga membuang sampah mereka. Namun masih banyak yang meninggalkan sampah mereka di jalanan pada malam hari. “Kami harus mengubah budaya kebersihan di kota,” ujar Salgado. (adk/jpnn)

Click to comment
To Top