Hari Ini, Kandidat Tes Kesehatan Rohani di Rumah Sakit Jiwa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hari Ini, Kandidat Tes Kesehatan Rohani di Rumah Sakit Jiwa

SEMARANG – Tahapan Pilwakot Semarang memasuki tahapan tes kesehatan bagi pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota. Tes kesehatan jasmani itu dilakukan di ruang A Gedung Instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang, Rabu (29/7).

Tiga pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota yang menjalani tes kesehatan tersebut, yakni Sigit Ibnugroho Sarasprono-Agus Sutyoso yang mengusung slogan ‘Si Bagus’, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita), dan Soemarmo HS-Zuber Safawi.
Direktur RSUD Kota Semarang selaku Ketua Panitia Pemeriksaan dr. Susi Herawati menjelaskan, untuk tahapan tes kesehatan ketiga pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Semarang tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Semarang menunjuk setidaknya sembilan dokter spesialis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.
“Ada beberapa pemeriksaan yang dilakukan, meliputi laboratorium, penyakit dalam, mata, THT, gigi, saraf, elektro kardiografi (EKG), ultrasonografi (USG) abdomen dan foto rontgen thoraks hingga pemeriksaan ‘pap smear’ khusus untuk kandidat perempuan,” terangnya.
Hasil tes kesehatan bakal calon ini, kata dia, akan dimusyawarahkan dan hasilnya akan diserahkan langsung kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang.
Bakal calon Walikota Sigit Ibnugroho mengatakan tes kesehatan berjalan lancar. “Allhamdulillah semua normal, tidak ada sesuatu yang menghambat. Secara keselurahan baik-baik saja,” kata Sigit didampingi Agus yang diusung Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar seusai menjalani tes kesehatan.
Demikian pula Hendi yang mengaku telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum menjalani tes kesehatan. “Ini seperti general cek up, mulai dari darah, THT, mata, saraf bahkan jantung semua diperiksa. Hasilnya, Insya Allah dinyatakan sehat,” ujar Hendi didampingi Ita yang diusung PDI Perjuangan, Nasional Demokrat (Nasdem), dan Demokrat.
Sedangkan Soemarmo HS-Zuber yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan, dirinya sudah mengikuti serangkaian tes kesehatan mulai dari awal hingga akhir dan hasilnya normal.
Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan hasil tes kesehatan akan menentukan pada proses verifikasi, karena berkaitan dengan kemampuan menjalankan tugas kepala daerah.
“Rencananya, tahapan tes kesehatan akan dilanjutkan besok pagi (hari ini) untuk pemeriksaan kesehatan rohani yang dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Amino Gondohutomo Semarang,” jelasnya. (Art)

loading...
Click to comment
To Top