Karnaval Batik di Pekalongan Dihadiri Dua Menteri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Karnaval Batik di Pekalongan Dihadiri Dua Menteri

PEKALONGAN – Batik sudah diakui sebagai warisan budaya benda asli Indonesia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Bahkan Pemerintah Indonesia telah mencanangkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini memicu ide kreatif masyarakat Kota Pekalongan sebagai masyarakat “Kreatif dan Inovatif” dengan mengadakan event Festival Kostum Karnaval Batik Pekalongan.

Karnaval budaya batik pada rangkaiannya kegiatan Festival Pekan Batik Internasional 2015 Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan diikuti oleh 104 peserta. Pekan Batik ini rencana dihadiri oleh dua menteri, masing-masing Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dan Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir.
Kepala Bidang Pariwisata Kota Pekalongan Sigit Marsito menjelaskan, kegiatan Festival Pekan Batik Internasional akan dimulai pada tanggal 30 Juli hingga 3 Agustus 2015 ini diikuti oleh komunitas masyarakat, pelajar SD, SMP, SMA, SMK, mahasiswa, dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah Kota Pekalongan.
Menurutnya, peserta karnaval budaya batik dibagi menjadi dua kelompok, yaitu budaya kreatif dan festival kostum. Pada kelompok kreatif tercatat ada 16 kelompok sedangkan festival kostum akan diikuti 104 peserta. Karnaval budaya batik ini akan digelar pada Minggu (2/8) diselenggarakan mulai pukul 08.00 WIB.
“Ada rangkaian acara penting pada agenda tersebut yaitu Pekan Batik, Pekan Inovasi dan Tekhnologi, dan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, juga masa berakhir jabatan walikota dan wakil walikota pemerintah kota Pekalongan memberi ruang ucapan terima kasih dari walikota kepada masyarakat atau pun sebaliknya,” jelasnya. (asn)

Click to comment
To Top