Kekerasan Anak Meningkat, Tahun Ini Sudah 37 Laporan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kekerasan Anak Meningkat, Tahun Ini Sudah 37 Laporan

JAKARTA-Terhitung sejak Januari hingga Juli 2015 terdapat setidaknya 37 laporan saksi dan korban yang melibatkan anak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 24 kasus terkait dengan kejahatan seksual terhadap anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai saat membacakan laporan lembaganya di Jakarta, Kamis (30/7)

“Yang kami perhatikan pada semester ini adalah tindak pidana kekerasan pada anak, atau kekerasan seksual pada anak. Hal ini menjadi fokus kerja kami karena melihat tingginya angka kejahatan pada anak,” ujar Haris

Dalam semester pertama 2015, tambah Haris, terdapat 24 kasus kejahatan seksual terhadap anak, yang terdiri dari 2 kasus pemerkosaan, 11 kasus persetubuhan, 2 kasus pelecehan seksual, 9 kasus pencabulan, dan 1 kasus pencabulan yang disertai perdagangan anak.

Adapun bentuk kejahatan lainnya yakni 1 kasus kekerasan psikis dan penelantaran anak, 1 kasus perampasan kemerdekaan terhadap anak di bawah umur, dan 10 kasus penganiayaan anak disertai pembunuhan.

“Dari 37 laporan yang diterima sejak Januari-Juli 2015, telah 33 anak mendapat pelayanan LPSK,” jelasnya.

Adapun perlindungan yang diberikan LPSK bisa berupa pendampingan saat saksi atau korban melalui proses hukum, atau memfasilitasi saksi dan korban untuk mendapat hak-hak yang semestinya diberikan.

“Kami memilih tema anak karena kami melihat masih tingginya kekerasan terhadap anak. Hal ini terjadi hampir merata di seluruh provinsi di Indonesia, dan pelakunya beragam, mulai dari aparat, guru, dan orang tua,” demikian Haris. [mel]

To Top