Listrik Puskesmas Maros Disegel, Obat Terancam Rusak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Listrik Puskesmas Maros Disegel, Obat Terancam Rusak

FAJARONLINE, MAROS — PLN Rayon Maros menyegel aliran listrik di Puskesman Lau, Maros. Akibatnya, peralatan listrik di puskesmas itu tidak berfungsi selama beberapa jam. Tindakan tersebut terpaksa diambil menyusul temuan PLN adanya penggunaan listrik yang tidak sesuai kuota.
Kepala PLN Rayon Maros Syahril Leleng mengatakan pihaknya memang menggelar operasi Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL), Rabu 29 Juli. Timnya menemukan kejanggalan penggunaan listrik di puskesmas tersebut. “Ada indikasi penggunaan listrik melebihi kapasitas dan tidak sesuai dengan tarif kontrak baru. Listriknya bisa kembali berfungsi jika masalah ini segera diselesaikan pihak puskesmas,” ujarnya.
Namun demikian, penyegelan mendadak itu disesalkan pihak puskesmas. Salah satu petugas puskesmas, Sumarni menuturkan pelayanan kesehatan amat bergantung pada listrik, misalnya box pendingan. “Jika pendingin tidak berfungsi 1×24 jam vaksi TT, DPT, POLIO dan vaksin Rabies terancam rusak,” bebernya.
Ditemui terpisah, Kepala Puskesmas Lau Dr Sri Syamsinar mengaku tidak tahu jika unit yang ia pimpin menggunakan listrik diluar nilai kontrak. Pun jika terjadi, kata Dr Sri hal itu adalah ulah sepihak oknum tertentu yang mendompleng listrik dari puskesmas. “Kami tidak tahu itu, memang ada pihak yang mengambil listrik dari puskesmas dan menambah dayanya,” beber Sri.
Pantauan FAJAR, instalasi listrik di Puskesmas Lau khususnya Instalasi Gawat Darurat (IGD) bergandengan dengan dua rumah dinas dokter dan ruangan sanitasi. Sementara daya listrik hanya 900 VA. (ris/wik)

To Top