Petani Sinjai-Bone Terancam Gagal Panen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Petani Sinjai-Bone Terancam Gagal Panen

FAJARONLINE, SINJAI – Musim kemarau mulai berdampak pada pertanaman padi di beberapa daerah, terutama bagian selatan Sulsel. Ratusan hektare sawah di Kabupaten Sinjai dan Bone dilaporkan telah kekeringan. Bahkan sebagian petani bawang merah di Kabupaten Bone sudah kesulitan memperoleh air sejak dua bulan terakhir. Sumur mereka sudah kering. Untuk menyiram tanaman bawah, para petani harus menggunakan pompa air sejauh lima kilometer.

Khusus di Kabupaten Sinjai, kini terdapat 52 desa terancam gagal panen. para petani dipastikan merugi hingga ratusan juta rupiah. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sinjai menetapkan dampak kekeringan 2015 ini sebagai kejadian luar biasa. Dampak terparah akibat kekeringan tersebut dirasakan petani Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur.

Di Desa tersebut, dipastikan ratusan hektar sawah milik petani tidak bisa panen. Berdasarkan data Dinas Pertanian Sinjai, luas lahan tanaman padi yang terkena puso di 52 desa mencapai 800-an hektare. Seorang petani di Desa Sanjai, Burhan mengungkapkan hampir semua petani di desanya dipastikan tidak bisa panen. “Ini karena tanaman padi sudah kekeringan sejak dua bulan terakhir,” katanya, Kamis 30 Juli. (jai)

loading...
Click to comment
To Top