1.100 Ha Sawah Terancam Gagal Panen di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

1.100 Ha Sawah Terancam Gagal Panen di Pangkep

FAJARONLINE, PANGKEP – Sedikitnya ada sekitar 1.100 hektare (Ha) sawah di Kabupaten Pangkep terancam gagal panen. Hal disebabkan kemarau sejak dua bulan lalu. Tidak tersedianya air irigasi membuat sawah mengalami kekeringan. Akibatnya tanaman padi musim yang berumur dua bulan sebagian mati dan tidak berbuah. Salah satu titik terparah terjadi di Kampung Katapang, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro, Pangkep.

Petani di Kampung Katapang terpaksa menggali sumur di sekitar persawahan untuk dialirkan ke sawah menggunakan pompa. Dg Nusi, seorang petani mengatakan, bersama petani lain terpaksa menggali sumur demi tanaman padi mereka. Untuk padi umur dua bulan, kondisi tanaman Nusi tidak normal. Sebagian sudah mati dan sebagian lagi berbuah namun bulir padi hampah. “Yang di sini berbuah, tapi hampah buah padinya. Kalau yang sebelah sana itu malah sudah mati,” ujarnya, Jumat 3 Juli.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pangkep, Sriwaty tidak menyangkalinya adanya 1.000-an hekatare sawah yang terancam gagal panen. Persoalan paling vitalmenghantui para petani mereka kesulitan memperoleh air. Kadis Pertanian dan Peternakan mengatakan, sudah menyiapkan langkah efektif mengantispasi masalah tersebut. (jai)

loading...
Click to comment
To Top