Akademisi Lintas Benua Membincangkan Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Akademisi Lintas Benua Membincangkan Indonesia

SOLO, RAJA – Puluhan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di benua Amerika, Eropa, dan Asia menggelar konferensi tentang Indonesia dari berbagai disiplin keilmuan di Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Surakarta, Rabu (30/7).

“Ya, dari konferensi ini hasilnya akan kami sampaikan dalam bentuk rekomendasi kepada pemerintah Indonesia,” kata Chairman International ‘Indonesia Forum’ Frank Dhent di UNS, Rabu.

Konferensi itu diikuti 70 akademisi dari University of Western Australia, University of Bern, Maulana Malik Ibrahim Islamic University, Yale University, North Carolina State University, Univ of California – Berkeley, dan Univ of London. Peserta dari dalam negeri adalah Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan tuan rumah UNS.

Frank yang juga sejarahwan dari Universitas Brunei Darussalam itu mengatakan kalangan akademisi harus bisa memberikan kontribusi untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa. “Ya akademisi tidak bisa mendesak pemerintah harus begini dan begitu. Mereka harus meneliti berbagai isu yang ada dari sudut pandang berbagai disiplin ilmu dan kemudian menawarkan solusi,” katanya.

Pertemuan ini merupakan forum untuk membicarakan berbagai hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh para akademisi itu. Targetnya adalah sumbangsih pemikiran kepada pemerintah. “Namun, rekomendasi kami bersifat umum, karena kami independen dan tidak punya kepentingan politis,” katanya.

Frank mengaku telah mempelajari sejarah bangsa Indonesia sejak masih berstatus mahasiswa program magister. Menurutnya, ada satu kekuatan yang dimiliki bangsa ini, yakni kepercayaan akan kemampuan dan kebanggaan sebagai bangsa yang besar. “Dua hal itulah yang menjadi bekal bangsa ini keluar dari kungkungan penjajahan dan kesulitan pada masa lalu. Filsafat, pola pikir positif, serta tradisi itu bisa menjadi kekuatan untuk mengatasi berbagai persoalan saat ini,” katanya. (IN)

loading...
Click to comment
To Top